-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ridwan Kamil Bentuk KPK versi Kota Bandung

60menit.com
Minggu, 10 April 2016

60 Menit.com  - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, membentuk tim independen yang memiliki tugas seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tim itu dinamakan Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, secara umum tugas dan fungsi forum tersebut mirip seperti KPK. Tapi ada perbedaan mendasar yang tidak dimiliki forum tersebut seperti kewenangan KPK.
"Tugas-tugasnya mirip dengan KPK. Ada pencegahan, pendidikan, tapi bagian penindakan tidak ada karena tidak ada payung hukumnya," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jumat (1/4/2016).

Karena tidak punya kewenangan dalam penindakan, tim itu bertugas melakukan pelaporan kepada pihak-pihak terkait jika menemukan adanya indikasi korupsi di lingkungan Pemkot Bandung.

Tapi mereka diberi kewenangan penuh untuk mendatangi instansi, membuka data, serta menerima laporan warga terkait dugaan adanya indikasi korupsi. "Nanti mereka melaporkan (hasil penyelidikan) kepada inspektorat, kepada saya, kepada pihak-pihak aparat hukum terkait masalah itu," ungkapnya.

Emil menambahkan, tim tersebut terdiri dari berbagai pihak, mulai dari perwakilan media massa, akademisi, ICW, hingga komunitas. Karena terdiri dari orang-orang independen, mereka akan leluasa menjalankan fungsinya.
"Mudah-mudahan ini jadi contoh buat kota-kota lain bahwa dalam pemberantasan korupsi kita sangat serius," ucapnya.

Ia menambahkan, KPK versi Kota Bandung itu sengaja dibentuk karena korupsi merupakan persoalan besar di Indonesia. Karena itu, ia melakukan terobosan tersebut agar pencegahan dan penindakan korupsi di Kota Bandung bisa jauh lebih ditekan. (Zhovena - IK)