-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


WALIKOTA BANDUNG MASIH MENYISAKAN PR DI KOTA BANDUNG

60menit.com
Sabtu, 18 Maret 2017

Cibiru Yang Direncanakan Tuntas diakhir 2016
BANDUNG, 60MENIT.COM  - walikota bandung M. Ridwan Kamil (Emil) adalah salah satu bakal calon (balon) gubernur jawa barat untuk periode 2018-2023, pada 19 maret 2017 Emil deklarasikan dirinya sebagai calon gubernur jawa barat dengan pengusungan Partai Nasdem, menggelar kirab budaya yang diisi oleh beberapa kesenian sunda (sisingaan, pencak silat, badawang, rengkong, angklung buncis dan barongsai) yang digelar dari pusat kota jl. Asia afrika menuju monumen BLA lapang tegallega kota bandung.
Dengan pemaknaan diatas bahwa kota bandung sudah masuk ke ranah tahun politik, karena walikota bandung sudah mulai konsentrasi ke persiapan pemilihan gubernur jawa barat tersebut demi pemenangan dirinya, sehingga dari deklarasi ini maret 2017 samapai hajat demokrasi gubernur jabar digelar emil mulai fokus’ walaupun beberapa program dari kepemimpinannya di kota bandung masih ada yang belum tuntas yang dijanjikan selesai di akhir tahun 2016.
Di tahun 2015 wali kota bandung ridwan kamil mengatakan, lima proyek pembangunan jalan akan dilakukan pada tahun 2016 mendatang. Menurut Emil, pada Selasa, 24 November 2015 kemarin, dia bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Kartiwa telah membahas lima proyek pembangunan jalan yang akan menggunakan APBN tersebut bersama menko bidang maritim dan sumber daya alam rizal ramli. Pertemuan dilakukan di kantor kementerian koordinator kemaritiman RI, gedung I Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Hal ini sudah digelar rapat tentang infrastruktur, ada beberapa proyek infrastruktur besar, yang pertama BIUTR (Bandung Intra Urban Tol Road) Pasteur-Cileunyi akan dipercepat tahun penyelesaiannya di tahun 2016, ungkap Emil di Gedebage, Kota Bandung, Rabu 25 November 2015.
Menurut Iwa, dalam dalam rapat membahas percepatan pembangunan jalan tol itu di kantor Kementerian Koordinator Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya yang dihadiri juga Walikota Bandung sehari sebelumnya, Menteri Rizal Ramli menjanjikan mendukung percepatan pembangunan jalan tol tersebut. “Kami mengusulkan Kementerian Koordinator bidang terkait untuk memfasiltias pemberian persetujuan izin prinsip dari instansi yang terkena proyek sehingga pembebasan lahan bisa segera dilaksanakan,” unkapnya.

Fly over lainnya juga akan dibangun di Jalan Soekarno-Hatta. Masing-masing di Kopo dan Buahbatu. Proyek jalan terakhir adalah underpass Cibiru. Desainnya sudah masuk bersamaan dengan desain gerbang pintu kota, pungkas emil saat itu (11-2015)

"Desainnya underpass supaya Bundaran Cibiru bisa didesain gerbang. Jadi orang dari priangan timur bisa melihat bundaran istimewa seperti bundaran HI di Jakarta. Akhir tahun 2016-2017 titik kemacetan di Kota Bandung berkurang," katanya.
Bundaran cibiru sudah selayaknya dirubah sehubung dengan keberadaan sekarang, apalagi dengan adanya rencana walikota bandung bahkan sudah mendesignt lokasi tersebut dengan designt yang bagus dan indah, untuk mengurangi kemacetan di jalan tersebut, dikarenakan kemacetan  dilokasi ini sangat parah seperti yang kita lihat sekarang, dari jam 6 pagi sampai siang jam 11 masih terjadi kemacetannya, apalagi sore hari saat jam pulang kerja perkantoran.
Salah satu lokasi jalan perlintasan antar kabupaten dan provinsi ini  sudah memiliki design yang bagus yang direncanakan oleh wali kota bandung yang ditargetkan di akhir 2016 selesai namun sampai saat ini maret 2017 masih belum ada realisasi, bahkan walikota bandung sebagai position maker  di kota bandung mau berangkat ke jabar 1.// Zhovena