-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


PENCAK SILAT SEBAGAI PEMERSATU BUDAYA URANG SUNDA

60menit.com
Senin, 17 April 2017

BANDUNG, 60MENIT.COM - Pencak Silat sebagai Budaya Sunda yang memasyarakat dan cukup dikenal baik di Indonesia Maupun di mancanegara adalah salah satu Kebanggaan Masyarakat Jawa Barat. 

Perlunya melestarikan Pencak Silat kepada Generasi Muda Kota Bandung merupakan salah satu tujuan utama digelarnya Pasanggiri Ibing Pencak dari Tingkat Kecamatan se Kota Bandung yang berlangsung dari Tanggal 14 sampai dengan penutupan pada  16 April 2017 di Padepokan Seni Mayang Sunda yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus Sebagai Ketua Dewan Penasehat PPSI (Persatuan Pencak Silat Indonesia) Yossi Irianto, Minggu (16/04).

Mengawali Penutupan Pasanggiri Ibing Pencak tersebut Ketua Umum DPD PPSI Kota Bandung Asep Rohana mengatakan dirinya sangat Bersyukur Pasanggiri kali ini mendapatkan sambutan atusias daei Masyarakat Kota Bandung. 

"Alhamdulilah semua peserta dari anak sampai dewasa bisa tampil dan  mohon maaf bila masih ada kekurangan  dalam pelaksanaan kegiatan ini, "tuturnya. 

Asep juga sangat berterima kasih pada Pemerintah Kota Bandung atas dukungannya  terutama pada ketua umum dewan penasehat yang selalu mendukung kegiatan Pencak Silat di Kota Bandung. 

" Semoga kegiatan pencak silat yang lain akan selalu diakomodir oleh pemerintah kota bandung, " ujar Asep. 
 
 Sementara itu di saat yang sama Ketua Umum DPD PPSI Jawa Barat Uu Rukmana mengatakan untuk Menyatukan Orang sunda yang paling cepat adalah dengan budaya. 

" Orang sunda akan selalu bersatu apabila pemersatunya adalah dengan Budaya, bukan Uang atau Politik dan salah satu pemersatu budaya di sunda adalah Pencak Silat, " jelas Uu. 

Uu juga menambahkan dirinya sangat Senang para Camat mengirim Kontingennya pada Pasanggiri ini dan dirinya juga senang karena Ketum dewan penasehat sangat 'Nyaah' ke pencak Silat. 

" Saya Sangat senang karena ada pejabat sepertj pak Yossi yang mendukung ke kebudayaan sunda yaitu pencak silat dan masyarakat juga sekarang sangat mendukung karena Kemarin ada Persib juga tetep disini penuh, " jelasnya.

Pada waktu yang sama juga Sekretaris Daerah Kota Bandung yang dalam kesempatan ini hadir sebagai 
Ketua Dewan Penasehat PPSI Kota Bandung Yossi Irianto menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bandung akan selalu mendukung kegiatan Pencak Silat yang merupakan ciri khas dari orang Sunda. 

"Pemerintah akan selalu siap membantu serta mendukung kegiatan Pencak Silat di Kota Bandung dan akan siap juga menjadi Kota Bandung sebagai Tuan Rumah pada Pasanggiri Ibing Pencak se Provinsi Jawa Barat, " tegasnya. 

Lebih lanjut Yossi juga berharap kedepannya Ia menitipkan agar Budaya Pencak Silat bukan hanya menjadi suatu atraksi saja bagi masyarakat tetapi menjadi momen  kebangkitan dalam melestarikan  budaya Sunda. 

" Kalau bukan kita yang akan melestarikan nya siapa lagi yang akan melakukannya untuk warisa anak cucu kita nanti, " tutur Yossi. 

Yossi juga menyampaikan rasa apresiasi dan kegembiraan nya karena melihat antusiasme masyarakat sangat besar saat berpartisipasi pada Pasanggiri Ibing Pencak Silat kali ini. 

" saya sangat Senang sekali melihat antusiasme dari anak anak sampai dewasa berkumpul semua demi melestarikan budaya sunda disini "ujarnya. 

Mengakhiri sambutannya sebelum menutup Pasanggiri Ibing Pencak Silat tingkat Kecamatan se Kota Bandung, Yossi mengatakan dirinya akan berusaha menjadikan Pencak Silat sebagai salah satu pelajaran yang akan diberikan pada siswa sekolah kedepannya. 

Dari mulai saat ini saya akan berusaha menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan extra kulikuler di sekolah agar anak didik Sadar bahwa mereka juga harus mau melestarikan budaya sejak dini, " tutup Yossi *** //Zhove