-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peluncuran dan Penandatangan Sampul Hari Pertama Prangko Seri Anggrek 34 Provinsi Indonesia

60menit.com
Kamis, 18 Mei 2017



BANDUNG, 60MENIT.COM - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan PT. Pos Indonesia dan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya - LIPI meluncurkan prangko seri Anggrek 34 Provinsi Indonesia. Penandatanganan Sampul Hari Pertama Prangko Seri Anggrek Koleksi Kebun Raya Bogor dilakukan oleh Presiden RI di Kebun Raya Bogor, Kamis (18/5/2017).

Prangko seri kekayaan anggrek Indonesia diluncurkan dalam rangka memperingati 2 Abad Kebun Raya Bogor. Selain mengabadikan momentum 2 abad Kebun Raya Bogor juga menggambarkan kekayaan anggrek Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi. Jenis anggrek yang dijadikan prangko dipilih berdasarkan asal atau area distribusinya serta keberadaan anggrek tersebut di Kebun Raya Bogor.

Salah satu prangko anggrek yang akan diluncurkan pada saat peringatan ulang tahun ke-200 tahun Kebun Raya Bogor adalah Coelogyne marthae. Anggrek ini merupakan hasil eksplorasi dari Katingan, Kalimantan Tengah pada tahun 2013 yang dilakukan oleh tim peneliti Kebun Raya Bogor dengan dibantu berbagai pihak terkait lain.

Prangko dua abad Kebun Raya Bogor seri 34 anggrek provinsi Indonesia merupakan lanjutan prangko “Negara Kesatuan RI dalam Puspa” yang digagas oleh Megawati Soekarno Putri saat meresmikan Griya Anggrek 2002.

Prangko Seri Dua Abad Kebun Raya , dicetak sebanyak 100.000 sheet dengan harga Rp 102.000,00 / sheet (berisi 34 Prangko x @Rp 3.000,-). Sampul Hari Pertama Seri Dua Abad Kebun Raya Bogor, menggambarkan penyebaran 34 Anggrek Nusantara, dicetak sebanyak 3.000 set (satu set terdiri dari 6 Sampul) dengan harga Rp 132.000.

Prangko merupakan salah satu produk resmi negara yang berdaulat yang berfungsi pula sebagai alat promosi kekayaan alam maupun budaya yang dimiliki sebuah negara ke seluruh dunia dan diabadikan secara internasional di Kantor Pusat Universal Postal Union (UPU) bertempat di Swiss. (Sumber PPID-Siaran Pers). //Zhove