SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Saturday, July 15, 2017

PDAM Tirta Wening Masih Belum Menindak Kasus Air Pelanggan Berwarna Merah

Salah seorang peugas PDAM Tirtawening Bandung mengambil sample air berwana merah di salah satu rumah pelanggan, pagi tadi.

BANDUNG, 60MENIT.COMPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung belum mengetahui penyebab atas temuan air berwarna merah di tiga rumah kawasan Gang Hidayah, Jalan Panjunan, Kelurahan Panjunan, Astana Anyar, Kota Bandung. Pasalnya berdasarkan hasil pemeriksaan hingga kini, petugas PDAM belum menemukan adanya indikasi kebocoran pada pipa di area tersebut.

Menurut Direktur Utama PDAM Kota Bandung Sonny Salimi, pihaknya secara tegas tidak pernah memproduksi air berwarna merah. Bahkan berdasarkan pemeriksaan hingga Jumat (14/7/2017) petang, petugas PDAM belum menemukan kebocoran pipa.

"Laporan sementara, terjadinya air masuk kesitu harus dipastikan ada pipa yang bocor. Sekarang kami belum mendapat mendapat laporan belum ditemukan (adanya pipa bocor). Kami melakukan investivigasi, karena PDAM tidak pernah memproduksi air merah, artinya ada masalah di sistem distribusi, ada masalah pipa bocor, ada yang masuk atau ada yang dimasukkan atau sabotase," urai Sonny saat ditemui dikantornya Jalan Badaksinga, Kota Bandung, Jumat (14/7/2017) petang.

Sonny mengatakan, PDAM sengaja menggandeng pihak berwajib dalam hal ini Polda Jawa Barat untuk memastikan hasil dari pemeriksaan tersebut berimbang. Bahkan ia menargetkan hasil pemriksaan dan uji laboratorium air yang berubah menjadi warna merah ditargetkan pada Minggu (16/7/2017) sudah selesai.

"Kami belum menemukan sumber penyebab air warna merah itu. Kami juga masih mendalami terkait laporan ini bahwa yang melaporkan ini kok tidak sejalur atau kiri dan kanannya (warna air normal)."

Padahal jika aliran pipa itu satu pipa yang masuk ke dalam wilayah digunakan bersama-sama, kemungkinan besar akan sama warna merah," bebernya.

Sementara itu Sonny mengaku, pihaknya enggan mengambil keputusan hingga keluarnya hasil uji laboratorium terhadap air merah tersebut. Saat ini pun terjadinya air berwarna merah di kawasan tersebut menjadi misteri.

"Hari minggu selesai. Tapi kan lab itu semestinya contoh uji itu diambil pada saat terjadi aliran, karena tidak bisa begitu saja," tandasnya. //Zhove
Post a Comment