-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Lomba Blog Antikorupsi

60menit.com
Senin, 28 Agustus 2017


BANDUNG, 60MENIT.COM - Tingkat korupsi di Indonesia kian mengkhawatirkan, dilakukan secara terang-terangan, massif, terstruktur, dan tersistematis. Untuk membasminya, maka dapat dilakukan dengan dua hal, yakni penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi, dan mencegah terjadinya korupsi. Upaya pencegahan korupsi sendiri dapat dilakukan secara kolaboratif diantara KPK dengan masyarakat, khususnya generasi muda.
Kelompok yang disebutkan terakhir patut diakui memiliki potensi besar untuk menyebarkan virus integritas di masyarakat dan semangat perlawanan terhadap perilaku korupsi. Platform sosial media merupakan senjata yang kerap digunakan oleh generasi muda – milenials untuk mengutarakan pemikiran dan keresahannya secara kritis, dengan tingkat sebaran informasi yang tinggi. Salah satu platform yang efektif adalah channel Youtube melalui format video Vlog. 


Berdasarkan kondisi tersebut, KPK melalui Pusat Edukasi Anti Korupsi mengajak anak-anak muda untuk berani mengeksplorasi dan mengungkapkan "Cara dan Gayanya di dalam melawan Korupsi" dalam video Vlog pendek. Hal-hal yang dapat dipotret dan dijadikan content seperti framing nilai-nilai integritas yang berkembang di masyarakat, pengungkapan perilaku-perilaku koruptif yang kerap terjadi dan dianggap lumrah di masyarakat, atau mengkritisi fenomena korupsi di tataran elit, yang biasa dilakukan oleh pejabat publik, penegak hukum, maupun pebisnis. Pada intinya, content Vlog yang dibangun dapat sekedar mengeksplorasi nilai-nilai integritas sehingga dapat menjadi bahan edukasi yang inspiratif atau fokus kepada cara/gerakan pemberantasan korupsi. 


SYARAT DAN KETENTUAN:
1. Peserta lomba adalah Warga Negara Indonesia berusia 15 – 20 tahun, dibuktikan dengan mengirimkan fotocopy KTP (Tanda Pelajar/Penduduk) ke email kpkiibf@gmail.com.

2. Peserta bisa bersifat individu atau grup (maksimal 5 orang).

3. Tema lomba video Vlog antikorupsi adalah "Cara dan Gaya Gue lawan Korupsi".

4. Jenis video Vlog diprioritaskan yang memiliki potensi viral seperti parodi, experiment, fakta-fakta unik dan lucu, prank, review, how to, dan lain-lain.

5. Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 Vlog, dengan maksimal 3 Vlog.

6. Video dibuat dengan durasi minimal 3 menit dan maksimal 7 menit.

7. Periode lomba dibuka sampai tanggal 4 September 2017 (Upload paling lambat pukul 23.59), pengumuman 10 Video Vlog terbaik pada tanggal 6 September 2017, dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 9 September 2017, dalam acara Vlogger Anti Corruption Award yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan IIBF di Assembly Hall JCC. Tim yang masuk dalam nominasi 10 Video Vlog terbaik wajib mengirimkan delegasi dalam acara Vlogger Anti Corruption Award seminimal-minimalnya 1 orang, dan maksimal 5 orang. 

8. Untuk mengikuti lomba Vlog, peserta wajib melakukan registrasi via online bit.ly/lombavlogkpk, dan peserta wajib mengunggah vlog via youtube dengan format judul video: Judul Video – Lomba Vlog KPK 2017. Video yang diunggah harus beresolusi tinggi (High Defenition, dengan format 16 : 9)

9. Unggah Vlogmu di Youtube lalu sisipkan (embed) link URL Vlogmu di Selasar dengan Answer pertanyaan ini (login terlebih dahulu). Selesai melakukan mekanisme tersebut, harap melaporkan ke contact person yang tertera.

10. Wajib memfollow akun resmi KPK, seperti @official.kpk (Instagram) dan @KPK_RI (Twitter), subscribe Kanal KPK (Youtube), dan like Komisi Pemberantasan Korupsi (Fan Page Facebook). Dibuktikan dengan screenshot social media yang akan dikirimkan ke email kpkiibf@gmail.com.

11. Tahun produksi video minimal tahun 2016 dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual manapun.

12. Hak cipta video menjadi milik Komisi Pemberantasan Korupsi dengan tetap mencantumkan kredit penulis, sekaligus pencantuman logo KPK di akhir video Vlog.

13. Hasil keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tak bisa diganggu gugat. Dewan Juri menjamin independensi lomba, dan jika di kemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.

14. Perlombaan ini gratis tanpa dipungut biaya.

15. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Person (081214908610).

KRITERIA PENILAIAN:
1. Juara 1, 2, dan 3 dari konten (Orisinalitas, alur, pesan, teknis pengambilan gambar, animasi, penggunaan musik yang tepat -agar tidak dicekal Youtube, dan durasi).
2. Juara Favorit dari jumlah like dan comment pada Vlog yang diunggah di Selasar.

HADIAH LOMBA:
Total Hadiah sebesar Rp 6.000.000
a. Juara I sebesar Rp 2.000.000 (Piala + Sertifikat)
b. Juara II sebesar Rp 1.500.000 (Piala + Sertifikat)
c. Juara III sebesar Rp 1.000.000 (Piala + Sertifikat)
d. Juara Favorit I sebesar Rp 1.000.000 (Piala + Sertifikat)
e. Juara Favorit II sebesar Rp 500.000 (Piala + Sertifikat)
(Zhovena)