-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ada Dua Opsi Untuk Pendamping Ridwan Kamil Di Pilgub Jabar

60menit.com
Minggu, 29 Oktober 2017


BANDUNG, 60MENIT.COM - Bursa calon pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018 kian ramai setelah Partai Golkar memutuskan memberi dukungan politik.

Dari empat partai pengusung Ridwan Kamil (PPP, PKB, Golkar, dan Nasdem), hanya Nasdem yang tak menyodorkan nama calon wakil. Setelah PPP memilih Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil, PKB pun menyodorkan tiga nama kandidat dari kadernya. Setali tiga uang, Golkar pun meminta Ridwan berdampingan dengan kadernya Daniel Mutaqien.

Menanggapi situasi itu, Ridwan Kamil memiliki dua opsi dalam menentukan calon pendampingnya.

"Nah masalah wakil karena koalisi saya ada PPP, PKB, Nasdem maka saya serahkan kepada partai untuk dilakukan musyawarah. Mungkin ada opsi dimusyawarahkan atau dikontestasi," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Jalan Sumatera, Sabtu (27/10/2017).

Untuk opsi terakhir, lanjut Emil, tiap bakal calon wakil nantinya diberi waktu sekitar dua bulan sebelum pendaftaran untuk mensosialisasikan diri kepada masyarakat.  "Siapa yang kira-kira memadai dan berakhir baik maka jadi pasangan saya," kata dia.

Bupati Tasikmalaya yang juga politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Uu Ruzhanul Ulum, saat bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (5/9/2017) siang. 

Sependapat dengan Emil, Partai Nasdem pun meminta agar tiap partai pengusung dapat mengedepankan kesetaraan.

"Wakil belum fixed, baru usulan-usulan. Kita mengedepankan kesetaraan, makanya kita bicarakan secara bersama-sama," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa, usai menggelar rapat koordinasi Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Jumat (27/10/2017).

Saan menilai, pemilihan bakal calon wakil gubernur bisa diputuskan oleh Ridwan Kamil atau bisa melalui tahap seleksi.

"Bisa beauty contest, misalnya. Seluruh calon wakil gubernur yang diusulkan, harus melalui tahapan penyeleksian," ucapnya.

Dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan membuat Ridwan Kamil punya cukup modal untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat.
(ZHOVE)