SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Sunday, November 19, 2017

Emil "Masih Ada Cinta Buat Cinta Lestari"



BANDUNG, 60MENIT.COM - Wali Kota Bandung Ridwan  Kamil  berkesempatan menamai penghuni baru Kebun Binatang Bandung. Warga baru kebun binatang tersebut merupakan seekor orangutan berjenis kelamin betina.

Pria yang akrab disapa Emil ini memberikan nama Cinta Lestari. Usai memberi nama, Emil menimang bayi orangutan yang saat itu dibungkus oleh selimut.

Nama itu, menurut dia, ternyata mempunyai arti dan filosofi tersendiri. "Karena perempuan, maksudnya dari namanya saja sudah mengandung arti dengan cinta bumi ini, insyaallah lestari. Kira-kira begitu (artinya)," kata Emil, panggilan akrabnya, Sabtu (18/11/2017).

Dengan kehadiran bayi orang utan berumur 3 bulan ini, Emil menilai kebun binatang tak hanya tempat penangkaran. Kebun binatang juga bisa sebagai tempat pengembangbiakan hewan.

"Ini menunjukkan pengembiakan tidak harus di alam, terus kita ambil, tapi bisa dilakukan di sini," jelasnya.

Selain memberikan nama, Ridwan Kamil juga berkeliling ke area kebun binatang. Menurut dia, kondisi dan fasilitas kebun binatang saat ini sudah jauh lebih baik.

"Treatment pada binatang sudah jauh lebih baik, tidak banyak pagar-pagar yang tidak perlu. Fasilitasnya sudah baik," tegasnya.

Selain Emil, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sustyo Iriono turut memberikan nama anak tapir 'Hegar'. Hegar dalam Bahasa Sunda berarti ceria.

Anak tapir berjenis kelamin jantan tersebut lahir pada 28 Juli 2017 di Kebun Binatang Bandung. Induk betina merupakan hasil program barter pihak KBB dengan Kebun Binatang Ragunan.

Dengan bertambahnya tapir di kebun binatang, total koleksi tapir bertambah menjadi delapan ekor, lima di antaranya jantan.
(Zhove)

Post a Comment