SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Monday, December 18, 2017

Target KPU Kota Bandung Partisipan Pilwalkot Harus 75 Porsen


Ketua KPU Kota Bandung " Rifki Ali Mubarok"

BANDUNG 60MENIT.COM - Menjelang Pemilihan Wali Kota Bandung 2018, KPU Kota Bandung menargetkan angka partisipasi Pilwalkot Bandung mencapai 75 persen.

Berdasarkan data KPU Kota Bandung, jumlah Daftar Pemilu Tetap di Kota Bandung sekira 1,7 juta orang.

"KPU Kota Bandung kelihatannya berharap partisipasi bisa mencapai 75 persen. Kalau mungkin mencapai 80 persen," ujar Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Ali Mubarok, kepada wartawan di Taman Cikapayang, Dago, Bandung, Minggu (17/12/2017).

Ia berharap partisipasi dalam Pilwalkot Bandung 2018 bisa meningkat dibanding Pilwalkot 2008 dan 2013.

Pada tahun 2008, kata Rifqi, tingkat partisipasi Pilwakot Bandung hanya mencapai 69 persen.

Sedangkan pada tahun 2013, tingkat partisipasi kembali menurun di angka 60 persen.

Ia berharap, terselenggaranya Pilkada Serentak untuk memilih Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat bisa meningkatkan minat warga Kota Bandung pada Pilwalkot Bandung.

"Banyak faktor, mungkin 2008 dan 2013 terlalu banyak calon atau memang warga mengalami kejenuhan karena 2008 dan 2013 itu Pilgub dulu baru Pilwalkot," ujarnya.

Rifqi mengaku KPU Mota Bandung sudah sangat siap menyelenggarakan Pilwakot Bandung, KPU sudah melakukan berbagai cara sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi warga Bandung.

Hal itu dikatakan Rifqi dalam acara Peresmian Pemilihan Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung 2018, di Taman Cikapayang, Dago.

"Acara peresmian ini untuk menandakan KPU Kota Bandung siap menyelenggarakan Pilwalkot. Ini tanda kami siap. Peresmian ini, kami punya harapan Pilwalkot bisa berjalan secara menggembirakan, mencerahkan, dan memajukan," ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang memberikan sambutan. Ridwan Kamil berharap KPU bisa kreatif dalam menyosialisasikan Pilwalkot, semisal menghias TPU dengan beragam tema yang dapat menarik minat masyarakat.

(Zhovena)




Post a Comment