SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Friday, December 1, 2017

Tol Seroja Jadwalkan 4 Desember Diresmikan Jokowi



BANDUNG, 60MENIT.COM - Kepastian peresmian Tol Soreang Pasirkoja (Tol Soroja) akhirnya temui titik terang. Kuat diinformasikan peremsmian jalan tol sepanjang 10,5 km itu akan diresmikan pada Senin 4 Desember 2017. Rencananya peresmian akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Soreang.

Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar,  Bagus Medi Suarso membenarkan Informasi tersebut bahwa Soroja akan diresmikan Jokowi Senin pekan depan.

"Sekarang kami tinggal menunggu undangan resmi dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) . Tapi persiapan peresmian sudah kami siapkan, di antaranya menyiapkan panggung, "ujar Bagus Jumat 1 Desember 2017.

Senada dengan Bagus,  Kepala BPJT Herry Trisapitra Zuna pun membenarkan rencana tersebut. Menurut dia,  kesepakatan peresmian tersebut merupakan kesepakatan penyelenggara dalam hal ini Pemerintah Daerah dan Jajarannya. Sementara tugas mereka Sudah tuntas dengan menerbitkan surat laik operasi untuk Soroja.

"Menurut pihak yang di Bandung (Pemda,  Kodim, Polisi) sudah rapat dan keluar keputusan Itu (4 Desember)," ujar dia yang dihubungi terpisah.

Dia menambahkan setelah peresmian,  sepekan kemudian akan diberlakukan uji coba. Untuk tarif,  lagi-lagi Herry masih  merahasiakannya. Saat ini pihaknya masih membahasnya.

Dengan diresmikannya jalan tol tersebut Herry bersyukur salah satu proyek nasional di Jabar akhirnya tuntas. Pihaknya tinggal bergeser menuntaskan proyek jalan tol lainnya seperti di Surabaya dan Cisumdawu.

Sebelumnya, Jalan tol Soreang Pasirkoja (Soroja) secara laik fungsi tidak ada masalah. Hanya saja masih ada hal-hal minor yang harus dituntaskan seperti pengecatan marka jalan dan perlengkapan pada gerbang tol serta penanamana rumput. Meski demikian, hal itu tidak akan menjadi ganjalan peresmian jalan tol sepanjang 10,5 km tersebut. Peresmian dan perbaikan hal-hal minor bisa dilakukan secara paralel.

Kelaikan telah diperiksa

Untuk diketahui, pada pekan lalu Kamis dan Jumat tangga 16-17 November 2017 lalu tim laik fungsi jalan tol dari pusat telah turun ke lapangaan memeriksa kelaikan jalan tol kedua yang melintasi Kabupaten Bandung itu.

Direktur Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi Suarso mengatakan, pihaknya optimistis perbaikan yang diminta tim dari pusat tersebut bisa dituntaskan pada akhir November ini. Bahkan pihaknya sudah bersiap jika perintah peresmian akan dilakukan pada akhir November tersebut.

"Saya juga tidak ingin berlama-lama, ingin segera jalan tol ini untuk diresmikan. Karena kami kan memiliki komitmen dengan bank. Tapi kan saya tidak bisa mengoperasikan jalan tol ini sebelum mendapat izin dari pemerintah (pusat). Jadi kami sekarang sifatnya menunggu," tutur dia, Jumat 24 November 2017.

Diakui dia, saat ini belum ada kabar peresmian walau selentingan alias kabar burung kemungkinan minggu depan diresmikan. "Tepatny‎a masih tunggu konfirmasi," ujar dia.

Meski demikian, kata dia, walaupun belum mendapat kepastian dari pusat terkait peresmian jalan tol tersebut pihanya sudah menggandeng event organizer yang setiap saat bisa bekerja. Pihaknya juga sudah menyelesaikan semua kewajiban selaku investor dan menyiapkan kesiapan jalan tol agar bisa difungsikan.

"Saya juga sudah persiapkan nanti proses sosialisasinya. Saya juga sudah kordinasi dengan Pemkab, Polres, Kodim, Sekda, Polda Jabar dan itu sudah berjalan dan akan terus berjalan," ucap dia.

Diakui Medi, untuk peresmian nanti akan dipusatkan di Gerbang Soreang atau dekat kantor Pemkab Bandung. Rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

"Tapi kan beliau saat ini masih di Medan dan katanya sebelum meresmikan Soroja akan lebih dulu meresmikan jalan tol di Surabaya dan Mojokerto," ujar dia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna yang dihubungi terpisah mengatakan, terkait rencana peresmian Soroja pihaknya sudah menyampaikan hasil pemeriksaan timnya kepada pihak istana. Selain itu juga pihaknya masih menunggu surat dari Kementerian Perhubungan.

"Tapi perlu kami sampaikan, tugas kami siapkan proyeknya dan syarat-syaratnya saja. Peresmian tergantung Pak Jokowi, sampai hari ini belum tahu, belum ada kabar. Ya artinya (untuk peresmian) disiapkan," kata dia.

Diakui Herry, Tol Soroja sudah laik cuma memang masih ada hal-hal yang harus diperbaiki.

Meski demikian, dia memastikan untuk peresmian tetap akan dilakukan pada tahun ini. Sementara proyek selesai pada bulan November ini.

"Kalau harus pekan depan diresmikan ya kami siapkan. Insya Allah, peresmian masih tahun ini," ujar dia.
(Zhove)



Post a Comment