-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Klarifikasi Pengdam III/SILIWANGI Tentang Adanya Babinsa Penyebar HOAX

60menit.com
Senin, 26 Februari 2018


BANDUNG, 60MENIT.COM - Mensikapi adanya berbagai artikel di beberapa Media antara lain Harian Jawa Pos, Harian Radar Bandung, Harian Radar Bogor, Harian Radar Banten, Harian Terbit indikasinews.com tentang adanya tuduhan Babinsa yang berdinas di Bandung ( Kodam III/Siliwangi ) sebagai salah satu penyebar hoax. Perlu kiranya saya Kapendam III/Siliwangi mewakili institusi Kodam III/Siliwangi untuk menggunakan *HAK JAWAB* dalam bentuk press release berikut :

Presiden RI. Joko Widodo - Mendukung Citarum Harum
1. *TIDAK BENAR* ada Babinsa Kodam III/Siliwangi yang ikut terlibat dalam penyebaran berita hoax terkait penyerangan ulama yang terjadi beberapa waktu yang lalu, Hal itu dapat dilihat dari :

a. Klarifikasi yang telah dikeluarkan oleh Brigjen Pol. M. Iqbal Karopenhumas Mabes Polri bahwa *Divisi Humas Mabes Polri tidak pernah mengeluarkan statemen berita yang menuduh Babinsa sebagai dalang penyebaran hoax, namun ada beberapa pihak media yang mencoba mengangkat berita tersebut dengan judul berita yang sifatnya menyudutkan intitusi TNI AD dalam hal ini Babinsa yang berdina di Bandung (Kodam Siliwangi)*.


Kol. Inf. Yudi Zanibar
(Dansektor VI Citarum Harum)
b. Klarifikasi Sdr. Wawan Setia Permana yang telah selesai menjalani pemeriksaan dari Mabes Polri dan berhasil dihubungi oleh Kodam III/Siliwangi yang menyatakan bahwa Sdr. Wawan Setia Permana *sama sekali tidak pernah menerima pertanyaan dan memberikan keterangan terkait adanya keterlibatan Babinsa dalam penyebaran berita hoax penyerangan para ulama*.


2. Kodam III/Siliwangi *akan selalu konsisten dalam menegakkan aturan dan hukum yang berlaku, serta tidak akan pernah menutup – nutupi bila memang ada prajurit dan pns kodam iii/siliwangi yang melakukan pelanggaran hukum.  Siapapun prajurit yang bersalah harus siap menerima sangsi hukum tanpa ada pengecualian*


3. Terkait tersebarnya berita di Whats App yang menjelaskan kronologi, fakta-fakta, analisa dan kesimpulan tentang Babinsa yang menyebar Hoax, kami pastikan juga bahwa berita tersebut *BUKAN BUATAN DAN BERASAL DARI INSTITUSI KODAM III/SILIWANGI*. Kami tegaskan pula bahwa tulisan yang ada dalam berita tersebut adalah *TIDAK BENAR alias HOAX* dan ditulis serta disebarkan oleh Oknum yang Tidak Bertanggung Jawab.


Dengan berdasarkan 2 klarifikasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Brigjen Pol. M. Iqbal Karopen Humas Mabes Polri serta Sdr. Wawan yang telah bersedia memberikan klarifikasi kepada Kodam III/Siliwangi maupun kepada Media. Selanjutnya kepada rekan – rekan media mohon kiranya yang telah memberitakan tentang hal diatas *dengan bijaksana tidak lagi memuat berita sekaligus memuat klarifikasi resmi ini*, dalam rangka mencegah timbulnya kegaduhan yang tidak bermanfaat di masyarakat,  serta untuk terus menjaga SOLIDITAS serta SINERGITAS TNI – POLRI yang saat ini SEMAKIN KOKOH DAN KUAT, hanya untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Hormat kami :
*Kolonel Arh Desi Ariyanto* - *Kapendam III/Siliwangi*

(Edison - JCH))