SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Tuesday, March 20, 2018

JSI : Kehadiran Mayjen TNI Doni Munardo Membangkitkan Kesadaran Warga Jabar Untuk Selamatkan Citarum



Dilaporkan wartawan 60Menit.com : Yusman Andrian

BANDUNG, 60MENIT.COM - Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/247/III/2018, 19 Maret 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan mutasi jabatan 9 Pati TNI.

Terdiri dari 7 Pati jajaran TNI AD, 1 Pati TNI AL, dan 1 Pati TNI AU. Salah satu Pati TNI AD yang mengalami mutasi ini diantaranya Pangdam 3/ Siliwangi Mayjen Doni Monardo yang diangkat menjadi Sesjen Watannas. Adapun penggantinya adalah Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, SH.,M.Tr (Han).

Sebelum melaksanakan Serah Terima Jabatan, Pangdam III/Siliwangi yang rencananya akan "menyerahkan" jabatannya pada Kamis (22/3) ini  berkenan memberikan penghargaan kepada seluruh media peliput Kodam 3/ Siliwangi dengan program Citarum Harumnya dan para penggiat lingkungan.

Hal ini direalisasikan dalam acara tatap muka antara Pangdam dengan para jurnalis  yang digelar di Aula Silih Wangi yang berlokasi di lingkungan Makodam Siliwangi, Selasa (20/3). Adapun para awak media yang mendapat penghargaan adalah yang telah berpatisipasi dan berdedikasi melaksanakan pemberitaan serta sosialisasi Program Citarum Harum.

May Jen Doni Munardo Saat Memberi Penghargaan Pada
Tribun Jabar Yg Diwakili Oleh Pemred (Yusran Pare)
Hadir pada acara ini diantaranya Pangdam 3/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Calon Pangdam Siliwangi baru), para pejabat utama Kodam 3, para pimpinan dan awak media peliput giat Kodam yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Siliwangi Indonesia (JSI) beserta para penggiat lingkungan se-Jawa Barat.

Menurut Doni semangat Warga Jabar dan Maung Siliwangi (baca Kodam 3) dalam penyelamatan Citarum sangat luar biasa, disini bukan hanya sampah yang ditangani tetapi perilaku masyarakat juga berubah. Bila sebelumnya pandangan masyarakat membuang sampah sembarangan ke sungai dianggap biasa tapi kini dirubah pola pikirnya akan bahaya tumpukan sampah terutama di sungai.

"Bila bicara jujur dalam hati saya masih ingin disini bersama warga Jabar untuk bersama-sama menangani penyelamatan Citarum,  tetapi sebagai prajurit yang baik harus patuh pada perintah atasan dalam hal mutasi jabatan", tuturnya. Menurut Doni masalah Citarum bukan semata2 membersihkan sungai tapi membersihkan sumber kekotoran dan pencemaran.

Tampak Ke 3 Dari Kanan Pemred 60Menit.com (Zhovena, ST.)
"Dari data 297 KM DAS Citarum limbah industrinya sudah luar biasa, terbukti ikan yang hidup disana tinggal ikan sapu-sapu. Kemudian program ini harus menghasilkan benefit untuk rakyat.  Kemudian perlindungan hukum agar tidak ada yang merasa diambil alih tupoksinya oleh TNI.

Kenapa Citarum ini harus mendapatkan perhatian lebih karena masa depan indonesia ada di Jabar, selain itu 87 persen penduduk Jakarta menggantungkan kebutuhan airnya dari citarum dan bila digabung warga yang memperoleh manfaat air dari citarum sebanyak 27 juta  jiwa.

Akses air bersih juga harus jadi prioritas utama, masalah Sungai Citarum ada belasan instansi dan lembaga yang bertanggung jawab, selain itu setahun das citarum harus ditanam 15 juta pohon,bila dikalikan 7 tahun program Citarum Harum berarti ada 105 juta pohon yang akan ditanam",pungkasnya.

Dari testimoni para Pimpinan Media yang tergabung dalam Jurnalis Siliwangi Indonesia (JSI) diantaranya Pikiran Rakyat, Elshinta dan Tribun Jabar dan Media 60.Menit.com terungkap sepak terjang Pangdam 3/ Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo yang begitu dilantik langsung tancap gas dengan kinerja luar biasanya melalui program Citarum Harum. 

Menurut para awak media kehadiran Pa Doni (Mayjen Doni Monardo) di Jabar membangkitkan kesadaran warga Jabar agar lebih peduli Citarum. "Program Citarum Harum merupakan gerakan luar biasa dan pertama di Indonesia penanganan sungai secara terencana dan terpadu, ini menunjukan

komitmen TNI dalam hal ini Kodam Siliwangi dalam menyelamatkan Citarum dari kehancuran", sebut Yusron Pane dari Tribun Jabar/JSI.

Adapun penghargaan yang ditandatangani dan diberikan dari Pangdam III/ Siliwangi kepada para penggiat lingkungan dan jurnalis diantaranya Piagam penghargaan atas dedikasi, loyalitas serta partisipasi membantu mewujudkan Program Citarum Harum di Wilayah Kodam III/ Siliwangi. (*)
Post a Comment