SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Friday, March 23, 2018

Pangdam III/Siliwangi Mayjen Besar Harto Karyawan Bertekad Lanjutkan Program Citarum Harum


BANDUNG, 60MENIT.COM - Pangdam III / Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan bertekad untuk melanjutkan apa yang menjadi impian Warga Jawa barat yaitu mengembalikan Sungai Citarum menjadi bersih dan harum kembali melalui Program 'Citarum Harum' yang telah digagas dan dikerjakan Pangdam sebelumnya yaitu Mayjen TNI Doni Monardo.


Hal ini diungkapkan Besar pada sambutannya di acara malam pisah sambut Pangdam III /Siliwangi yang dilangsungkan di Gedung Graha Manggala Siliwangi yang beralamat di Jalan Aceh Kota Bandung, Jumat (23/3). Menurut Jenderal bintang 2 yang pernah bertugas sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat ( Danpus Penerbad) ini menjadikan Citarum menjadi indah kembali adalah sebuah pekerjaan yang baik, penuh perhitungan dan pemikiran.


"Mari jadikan Citarum sebagai beranda depan rumah kita sambil kita nikmati keindahan aliran airnya meski tadinya kita belakangi. Selain itu mari kita kembangkan sebanyak mungkin daerah resapan air, jangka pendeknya kita harus banyak membuat lubang-lubang biopori baik di perkampungan maupun perkotaan untuk menyerap aliran air ke dalam tanah.


Jangka panjangnya kita tanam pohon-pohon keras di daerah resapan air yang 5 atau 10 tahun lagi tumbuh besar untuk menyimpan tabungan air di akarnya. Dengan banyaknya resapan air ke dalam tanah maka akan banyak air tersimpan dalam tanah yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Saya optimis 7 tahun lamanya Program Citarum harum akan selesai dan berhasil.


Kepada masyarakat Jabar dan Banten saya himbau untuk sebanyak-banyaknya menanam pohon di halaman rumah atau di pagar-pagar bagi yang tidak punya lahan, bila perlu tanam pula tanaman lintas udara seperti sayuran labuh yang bisa merambat di udara", imbau Pangdam. (*)
Post a Comment