SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Friday, March 2, 2018

Pangdam - Program Cirum Harum Prioritas Utama

BANDUNG, 60MENIT.COM - Program Citarum Harum merupakan sebuah prioritas untuk membenahi Sungai yang melintasi 12 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, kata  Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo pada acara Silaturahmi bersama para insan Media di Cafe Kalpa Tree Dine And Child Jalan Kiputih No 37 Bandung, Jum'at (2/3).

"Nilai Sunggai Citarum melebihi semua sungai yang ada di Indonesia", ungkap Jenderal  bintang dua ini.

Disebutkan, Citarum menghidupi 27 juta warga Jabar ditambah 10 juta Warga DKI memanfaatkan Air  Citarum antara lain untuk minum, mck, pertanian dan pembangkit tenaga listrik,

Selain itu, Air sungai citarum yang ditampung di 3 waduk yaitu Cirata, Saguling dan Jatiluhur menghasilkan 1888 Mega Watt yang nilai nominalnya setahun lebih dari 200 trylyun rupiah.

Disamping dimanfaatkan juga untuk pembudi dayaan ikan. Kemudian dari pemanfaatan air minum dari 37 juta warga mencapai 35 trylyun.

Sementara di bidang pertanian seluas 420 ribu hektar padi tergantung juga air Sungai Citarum yaitu 10 persen produksi padi nasional, betapa berharga air sungai citarum ini, "satu kalimat buat Citarum yaitu sungai paling strategis di Indonesia", tandas Pangdam. (M. Edison).

Post a Comment