SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Thursday, April 5, 2018

Abah Wiwi Giat Tanam 2.000 Pohon Upaya Harumkan Sungai Citarum


BANDUNG, 60MENIT.COM - Andriyan Wiharja atau yang Akrab dipanggil Abah Wiwi adalah Sosok Penggiat Lingkungan beliau pun adalah pemilik Cipaku Garden Hotel pada hari rabu (4/4/2018) bertempat di Mata Air Purba  Gedong Cai TJIBADAK 1921 (Kwl. Ledeng Kec. Cidadap) melakukan penanaman sekitar 2000 pohon keras di Area seluas kurang lebih 8 hektare dan baru di tanam sekitar 200 lebih pohon keras diantaranya Mahoni, Aren dan  Veirivera.

Menurutnya ini bukan masalah Pencitraan tapi bicara masalah masa depan untuk generasi penerus dimana untuk saat ini Mata Air Purba yang Jumlahnya sekitar 15 tinggal kini hanya 8 yang tersisa. Ini disebabkan karena peralihan fungsi hutan menjadi tempat tinggal.


Kawasan Bandung Utara (KBU) fenimena tinggkat kerusakan sudah demikian parah sehingga perlu segera diselamatkan yang salahsatunya adalah dengan melakukan Penghijauan.

Ketika ditanya wartawan 60menit.com  masalah Program Citarum Harum menurut pemikiran Abah Wiwi, bahwa  terjadinya pengendapan atau Sedimen itu akibat dari limbah Texstil yang selain mengandung Zat Warna limbah Texstil juga mengandung beberapa jenis logam berat seperti merkuri, seng, timbal, tembaga, cobal, cromium dan arsenic yang apa bila dibuang ke sungai akan membahayakan kehidupan dan membentuk terjadinya Sedimen yang tentunya akan susah dihancurkan maka semakin lama akan semakin tebal sehingga air tidak akan terserap ke bawah.

Menurutnya lagi hal ini bisa diperbaiki dengan cara melakukan peledakan tentunnya Pihak yang berwenang adalah hal TNI, yang bisa saja memerintahkan Ahli2nya dalam peembuatan Dinamit dengan daya ledak yang sudah terukur sehingga efek ledakanya pun tidak mengganggu bangunan sekitarnya.

"Sebab bila diibaratkan maka sedimen ini seperti halnya adonan yang keras sehingga air berada di atasnya walau dibeco pasti akan susah, toh ikan2 yang berada disungai itupun sudah tidak lagi bisa dikonsumsi mungkin dengan diledakkan lebih menyingkat waktu dan biaya" Tuturnya

Dalam Acara penanaman 2000 pohon ini dihadiri pula oleh Bpk Setio S.H MH (ketua JPCH) ,Bpk Zhovena, ST ( Sekjen DPP AMMNI), Sekcam Cidadap Bpk Aminudin dan Suprapto Lurah Ledeng. Teguh Pro.
Post a Comment