-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


42 KIM Kecamatan di Kabupaten Garut Segera Terbentuk

60menit.com
Rabu, 16 Mei 2018




GARUT, 60MENIT.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Selasa (15/5/2018), menyelenggarakan acara Sarasehan Penguatan Kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Garut. 

Acara dibuka resmi Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Drs. Diar Cahdiar Antadirdja, M.Si, di Villa Buleud, Kecamatan Tarogong Kaler.

Saresahan betema “Membangun Kembali Kelompok Informasi Masyakarakat di Era Melanial” ini membawa misi terbentuknya KIM di 42 kecamatan tahun 2018. 

Sekertaris Dinas Kominfo, Diar Cahdiar, menekankan agar seluruh peserta membawa hasil sarasehan ini ke kecamatan masing-masing dengan segera membentuk KIM. 

Keberadaan KIM di kecamatan. “Tahun 2018, diharapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Garut sudah membentuk FK-KIM (Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat) kecamatan, dan KIM di desa-desa”, tegasnya

Sarasehan selain diikitu perwakilan kelompok dan komunitas dari kecamatan, j=turut hadir pula jajaran Dinas Kominfo Jawa Barat, dan para narasumber, antara lain : Ketua FK-KIM Jawa Barat, Ir. Yus Hartiman, Relawan TIK Kabupaten Garut, Rinda Cahyana, dan Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M. Bagus.

Yus Hartiman, lebih menjelaskan tentang keberadaan dan Peran KIM kedepan. Menurutnya, kini sedang diproses pembentukan KIM Nasional serta peningkatan status KIM melalui Peratutan Kementrian Dalam Negeri. “Kami juga berupaya kedepan agar KIM bisa menjadi Penyuluh Informasi Publik (PIP), bahkan peran KIM bisa akses  di Musrenbang”, ujarnya.

Sementara itu, Janur M. Bagus selaku nakhoda KIM di Kabupaten Garut,  sesuai amanat Pemerintah Kabupaten Garut, akan segera menjangkau seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Garut, mulai tingkat kecamatan hingga kelurahan dan desa, melalui percepatan pembentukan FK-KIM kecamatan. “Kami  akan arahkan kecamatan untuk membantu menginventarisir potensi KIM dimasing-masing Kelurahan dan Desa”, katanya, saat memberikan materi Proyeksi FK-KIM Kabupaten Garut. Pihaknya juga bersam RTIK akan mengembangkan aplikasi modern dalam upaya diseminasi informasi, semisal e-KIM, dan RIKAT (Rilis Cepat dan Akurat) yang nantinya akan diterapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Garut.

Kepala Bidanng Informasi dan Komunikasi Publik  Dinas Konifo Jabar, Dedi, memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kabupaten Garut dengan acara ini, menngingat KIM memiliki peran strategis dalam penyebaran informasi. Ia berharap KIM di Kabupaten Garut mulai tingkat Kecamatan hingga desa dan kelurahan segera terbentuk. “Minimal satu kecamata satu desa saja terbentuk KIM itu sudah cukup bagus”, pungkasnya. (KIM Garut).