-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 8 Gencar Lakukan Sosialisasi Citarum Harum Disambut Warga Jelegong Dengan Meriah

60menit.com
Minggu, 06 Mei 2018






BANDUNG, 60MENIT.COM- JELEGONG Minggu 6/05/18 Sosialisasi dilakukan Satgas Citarum Harum sektor 8 dibawah komando Kolonel Czi. Aby Ismawan, ada suasana yang berbeda pada saat 60Menit.Com sampai diacara tersebut alunan Rampak Kendang sudah terdengar dari kejauhan, begitu sampai ditempat beberapa anak yang berusia 6 sampai dengan 12 tahun terlihat asyik berlatih rampak, sementara yang lainnya sedang mengisi kegiatan dipanggung untuk menghibur warga yang mulai berdatangan guna mengikuti kegiatan sosialisasi di Kampung Sukawangi Rt.03 Rw.01 Desa Jelegong Kecamatan Kota Waringin.

Dede Supena selaku Pimpinan Pencak Silat Pilar Pusaka Mahmud sekaligus ketua Rw.02 mengatakan,"acara ini kami lakukan agar masyarakat diwilayah desa ini lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini, serta bisa mengenal lebih dalam tentang kesenian tradisional, berupa pencak silat, kami juga berharap masyarakat  dapat ikut melestarikanya, kegiatan ini juga kami lakukan sebagai bentuk partisipasi kami, bahwa kami dan warga disini sangat mendukung sekali program citarum harum yang dilakukan pemerintah melalui TNI," jelasnya.

Kepala Desa Jelegong Ahmad Sofari dalam sambutanya  mengatakan, "pada dasarnya saya sangat bersyukur dengan adanya program Citarum ini, masyarakat sudah semakin peduli dengan lingkungan, saya sangat berterima kasih kepada TNI dalam hal ini satgas Citarum Harum dan tentunya, saya sangat berterima kasih kepada pak kolonel Aby, yang tanpa henti-hentinya melakukan sosialisasi, serta pembersihan dan penataan diwilayah kami, saya selaku kepala Desa disamping membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial bagi warga Desa juga bersama-sama dengan TNI akan membuat Bak Sampah diwilayah ini," ujarnya.

"Tentunya bersama sama juga dengan masyarakat, agar nantinya semua akan merasa memiliki, serta diharapkan dapat menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah dibuat oleh kita semua" Imbuhnya juga.

Serda Ade Suryana selaku Babinsa diwilayah Jelegong menuturkan, "Kami setiap hari melakukan pembersihan dibantaran sungai citarum, kami juga melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat  dan pemuda setempat, serta melakukan sosialisasi dengan cara dor tu dor, sehingga hasilnya Alhamdulillah, masyarakat sudah banyak yang mengerti" Ucapnya Ade.

"Bahkan diwilayah Rt.04 Rw.10, kampung Ciharuman beberapa warga disana yang memiliki bangunan tanpa ijin, dengan sukarela membongkar bangunan miliknya, dan ini sudah dilakukan, satgas kami disini berjumlah 15 personel, yang terbagi menjadi 2 tempat untuk wilayah Rw.01 kampung Sukawangi ada 6 anggota dan 9 personel ditugaskan dikampung Ciharuman," jelasnya.

Menurutnya lagi, "Panjang DAS Citarum Harum diwilayahnya (-+) 5.Km meliputi 6 RW, diantaranya RW.01,02,dan03, yang berada diwilayah kampung Sukawangi, kemudian RW.08 Gunung Pancir dan Rw.10 yang masuk diwilayah kampung Ciharuman, batasnya adalah wilayah  Bandung Barat Desa Pataruman dan batas Rw.10 Desa Nanjung," Pungkasnya.

Sementara , Ade Syarifudin selaku Kasi Trantib, mewakili Camat Kota Waringin menyampaikan permohonan maaf, karena ketidak hadiran Pak Camat sedang mengikuti kegiatan ditempat lain,"kami berterima kasih serta mengapreisasi segala kegiatan yang telah dilakukan oleh satgas Sektor 8 dalam hal ini khusunya bapak Kolonel Aby, yang telah sekian lama berkiprah disungai Citarum.

Tentunya kami juga mengapreisasi Pak Kades dan ketua Rw, yang telah membantu TNI untuk mendorong serta memotifasi masyarakat untuk mengubah prilaku serta kebiasaan buruk, bahkan sampai dengan menentang aturan, menjadi lebih baik demi tercapainya Program Citarum Harum ," ucapnya.

Hal senada juga sampaikan oleh Kanit Sabhara Polsek Soreang Iptu Dodi yang hadir pada acara sosialisasi mewakili Kapolsek

Menurut Aby Ismawan selaku Dansektor 8 mengatakan, "pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati, serta Ikhlas bukan karena ingin diberitakan atau masuk koran, atau hanya mendapat pujian, tapi ini pekerjaan untuk kemanusiaan  

Mungkin ada pejabat yang seperti itu, hanya menanam beberapa pohon atau melakukan kegiatan seremonial, langsung pengin diberitakan, tapi ini adalah kerja nyata yang bertujuan baik, untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan buruk pada masyarakat.

Demi generasi mendatang, supaya dapat mengerti serta memahami, akan pentingnya kebersihan lingkungan dan juga nantinya dapat menikmati hasil  pekerjaan, yang sedang kita sedang jalani bersama-sama.

Karena ini merupakan salah satu program Pemerintah, yang bertujuan untuk menyelamatkan kehidupan dimasa yang akan datang," tegasnya

Mudah mudahan dengan kegiatan sosialisasi ini, kita semua bisa mengambil hikmah serta dapat mengerti,memahami,serta melaksanakan dan menerapkanya didalam kehidupan kita sehari- hari (T.PRO)