-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


AMMNI Adakan Giat Pungut Sampah di Jalan Pasteur

60menit.com
Sabtu, 02 Juni 2018




BANDUNG, 60MENIT.COM  -  Keberadaan Jalan DR.Djunjunan atau Pasteur yang merupakan obyek vital karena menjadi salah satu akses masuk ke Kota Bandung, hal ini tentunya dapat kita buktikan dengan melihat sendiri betapa derasnya arus kendaraan yang datang baik dari pintu gerbang Tol Pasteur, maupun dari arah selatan Jalan Gunung Batu dan arah Utara dari Jalan Surya Sumantri, terutama pada saat hari libur tiba


Mengingat daerah ini dilalui begitu banyak kendaraan,  ini harus benar-benar terjaga kebersihan serta keasriannya, karena menyangkut citra dan image Kota Bandung yang merupakan kota sebagai tujuan wisata dan pendidikan. Selain itu Jalan Pasteur juga merupakan barometer baik tidaknya kualitas lingkungan di Kota Bandung.


Maka berdasarkan  pemikiran dan pertimbangan di atas, pada Jum'at (1/6) kemarin puluhan wartawan dari Aliansi Media Massa Nasional Indonesia (AMMNI) DPC Kota Bandung menggelar giat sosial berupa Gerakan Pungut Sampah (GPS) di sepanjang Jalan Pasteur dari perempatan Surya Sumantri sampai Pasir Kaliki.


Yusman Andrian selaku ketua AMMNI DPC Kota Bandung yang  juga memotori kegiatan ini, dengan puluhan wartawan dari berbagai media menyusuri jalan dan trotoar Pasteur dengan berjalan kaki. Tampak masing-masing membawa kantong plastik berukuran besar, dengan semangat dan antusiasme yang tinggi mereka memungut sampah disepanjang jalan ini, meski tanpa sarung tangan para penulis berita ini tidak sungkan memunguti sampah apapun yang ditemui, baik di trotoar depan toko maupun yang dipinggir jalan, yang berupa sampah kertas, plastik, kaca dan lain-lain, sehingga kantong plastik menjadi penuh.


Kegiatan yang dimulai selepas waktu Ashar dan berakhir menjelang Maghrib ini menghasilkan puluhan kantong plastik sampah yang berukuran besar, Kemudian atas bantuan para petugas Gober dari Kelurahan Sukagalih, Sukabungah dan Cipedes, sampah-sampah ini diangkut hingga ke tempat pembuangan akhir.


Setelah selesai dengan kegiatan sosial pungut sampah yang dilakukan sambil 'ngabuburit' ini,  para jurnalis AMMNI kemudian berbuka puasa bersama di atas trotoar yang sudah dibersihkan dan bebas dari sampah, yang mereka bersihkan sendiri, tampak dengan suasana nyaman dan sukacita para jurnalis ini berbuka puasa bersama menikmati  perbekalan khas Ramadhan, yang telah disiapkan AMMNI kota Bandung


Menurut Yusman Andrian, kegiatan ini murni dari niat tulus untuk menjadikan Bandung bebas sampah, sangat diharapkan masyarakat umum yang menyaksikan sendiri kegiatan ini akan terketuk hatinya, kemudian dengan sadar akan melakukan hal sama di kemudian hari.


"Ini adalah kegiatan kecil yang kita lakukan dengan menggunakan dana sendiri, harapannya agar pemerintah kota dan masyarakat umum lebih memperhatikan kebersihan ke depan, bisa kita saksikan sendiri di Bulan Puasa saja yang jarang orang membuang bungkus makanan voleme sampah yang kita kumpulkan segini banyak, apalagi di hari-hari biasa," ungkapnya. (T.PRO/AMMNI)