-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Bidokkes, Rumkit Sartika Asih Polda Jabar dan Yayasan Budha Tzu Chi Bersinergi Gelar Bakti Kesehatan

60menit.com
Selasa, 26 Juni 2018




KAB.BANDUNG, 60MENIT.COM - Terjadinya peristiwa kelam beberapa bulan lalu di wilayah Kecamatan Cicalengka, yaitu tewasnya puluhan orang akibat menenggak minuman keras oplosan menjadi salah satu alasan Polda Jabar menggelar bakti sosial dan kesehatan di daerah ini.


Acara yang diikuti ribuan orang masyarakat tersebut merupakan bagian dari peringatan HUT Bhayangkara ke - 72. Adapun titik lokasi kegiatan adalah di Gedung Oniba Center yang beralamat di Jalan Raya Cicalengka - Majalaya, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung Jawa Barat, Minggu (24/6) lalu.



Hadir pada kesempatan ini Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Wakapolda Brigjen Supratman, Kabiddokes Kombes Pol drg.Arios, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Kombes Pol Dr.Farid Amansyah, SpPD Finasim, Bupati Bandung Dadang Naser, Dandim 0609/ Kab Bandung Letkol Arh.Andre Wira Kurniawan serta para pejabat utama Polda Jabar.


Hadir pula Ketua Yayasan Budha Tsu chi Bandung Herman Widjaya yang membawa serta puluhan tim medisnya yang mendampingi paramedis Biddokes dan Rumah Sakit Sartika Polda Jabar untuk melayani ribuan pasien bakkes di Aula Gedung Oniba. Garapan tim medis ini diantaranya pengobatan umum, pemeriksaan gigi, KB, donor darah dan khitanan masal, selain itu ada pula bagi-bagi ribuan paket sembako oleh panitia.


Di sela-sela kegiatan Kapolda Jabar didampingi Kabidokkes, Karumkit Sartika Asih dan Ketua Yayasan Budha Tzu Chi menerangkan, Kawasan Cicalengka dipilih sebagai tempat kegiatan bakti kesehatan dan bakti sosial karena mengingat dua bulan lalu sempat terjadi peristiwa yang memprihatinkan.


"Yang dimaksud adalah kejadian luar biasa 37 orang meninggal sia-sia akibat miras dan miras oplosan. Kejadian ini karena masyarakat terlambat lapor kepada polisi. Mengingat peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, Kamis dan Jum'at sudah ada kejadian, minggunya 31 orang meninggal dunia, korbannya warga Cicalengka paling banyak", sebutnya.


Setelah kejadian itu, lanjut kapolda, Polisi dibantu TNI berhasil mengungkap sekaligus menggulung pemilik pabrik dan produsen miras oplosan yang dimaksud", ungkapnya. Kasus ini sempat menjadi perhatian Wakapolri Komjen Syafruddin yang terjun langsung ke lokas pabrik yang berlokasi di Jalan Bypass Cicalengka.

Dari pantauan wartawan media ini ribuan orang masyarakat berbagai tingkatan usia sudah menyemut dari jam 7 pagi untuk berobat dan mengambil paket sembako. Warga tampak antusias dalam antrian panjang untuk berobat dan mengambil jatah pembagian sembako. Acara berlangsung dari pagi hingga sore hari. (Yusman)