-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Demokrasi dan Bela Negara Diterapkan Pada Pasis Dikreg 45 - Sesko TNI TA 2018

60menit.com
Jumat, 08 Juni 2018





BANDUNG, 60MENIT.COM - Humaskol Sesko TNI, hari Jumat tanggal 8 Juni 2018 pukul 08.25 bertempat di Gedung Graha Adhi Brata Sesko TNI jln Martanegara no 11 Bandung, Prof.Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U. anggota Dewan Pengarah BPIP menyampaikan Ceramah Demokrasi dan Bela Negara  kepada Pasis Dikreg 45 Sesko TNI TA 2018.

Adapun materi yang disampaikan adalah " Demokrasi dan Bela Negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia" dari judul diatas bisa digali maksud bahwa yang diinginkan adalah bagaimana kita membangun negara berdasarkan demokrasi disertai landasan hukum dan cara untuk membelanya, membela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara agar negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil makmur dapat dibangun sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam pembukaan UUD 1945.


Tetapi pembelaan itu diatur melalui proses-proses yang demokratis yang dituangkan di dalam peraturan perundang-undangan. Indonesia menganut sistem Demokrasi hal ini sejak proklamasi kemerdekaan sampai sekarang tidak bergeser dari prinsip dan sistem demokrasi dalam penyelenggaraan negara. 


Ada empat kaidah penuntun hukum politik dan hukum antara lain: 1. Menjaga integrasi idiologi dan teritori, 2. Menegakkan demokrasi sejalan dengan Nomokrasi, 3. Membangun  kesejahteraan sosial, dan 4. Membangun toleransi beragama yang berkeadaban hal ini di sampaikan beliau kepada para pasis Dikreg 45 Sesko TNI. (Zhove - Humaskol)