-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


PPDB Kota Bandung Berlangsung Lancar

60menit.com
Senin, 09 Juli 2018


 
SIARAN PERS
BANDUNG, 60MENIT.COM – (9-07-2018) PELAKSANAAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung secara umum berlangsung lancar. Para calon peserta didik kategori Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) dan masuk zonasi, sangat terfasilitasi dengan kebijakan zonasi murni yang diterapkan pada tahun ini.

"Alhamdulillah berlangsung lancar dan hampir tidak ada dinamika yang berarti. Dan ini sudah sesuai dengan yang diharapkan regulasi. Menurut kementerian, Kota Bandung yang terbaik dalam menerapkan regulasi zonasi," ungkap Panitia PPDB Kota Bandung, Edi Suparjoto, Senin (9/7/2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi panitia PPDB Kota Bandung, terdapat 33.000 pendaftar dari 27.828 kuota jenjang SD. Sementara untuk jenjang SMP terdapat sekitar 25.000 pendaftar dari 16.628 kuota untuk SMP Negeri.

"Sisanya yang tidak terakomodasi sedang dipetakan ke sekolah mana saja. Untuk jenjang SD, kami sedang mencari SD mana saja yang masih kosong kelurahan atau per gugus. Sementara untuk SMP kami sudah membuat lima sekolah terintegrasi atau sekolah satu atap dengan SD yakni di Cicabe, Cimuncang, Cihaurgeulis, Kebon Gedang dan Ciburuy," terang Edi.

Namun demikian, Edi mengakui, masih ada beberapa pihak terutama calon peserta didik jalur akademik kurang terfasilitasi karena tidak masuk zonasi.

"Kami sedang memikirkan penyaluran calon peserta didik jalur akademik tersebut. Ada kerja sama dengan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) untuk menyediakan tempat di sekolah swasta yang memungkinkan. Karena untuk swasta sebenarnya ada sekitar 40.000 kursi, masih surplus, yang RMP bisa mencoba opsi ke swasta," tuturnya.

Dalam dua hari ke depan, kata dia, masih ada proses daftar ulang dan baru akan memulai tahun ajaran baru pada Senin (16/7/2018) mendatang. "Kami sedang memikirkan cara untuk membantu menyalurkan para calon peserta didik yang belum diterima," sambung dia.

Edi meminta para orang tua calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah negeri untuk tetap bersabar. "Mohon kerja samanya untuk tetap sabar karena kami terus berupaya mencari jalan keluar terbaik," harap Edi. (YAYAN A. BRILLYANA - *)