-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


SEKTOR-10 – Konsistentensi Kami Tetap Pada Bantaran Sungai Kalo Masalah Limbah Itu Hanya Kiriman dari Sektor Lain

60menit.com
Minggu, 15 Juli 2018





BANDUNG, 60MENIT.COM(14-07-2018) DANSEKTOR 10 citarum harum dislokasi pasukan posko Kantor Ds Rajamandala Kulon membagi tugas satgasnya subsektor 1  Kp. Cisameung dan subsektor 2 Ds. Cihea Kp. Bantar Caringin, dengan karya bakti yang bersifat kelanjutan seperti hari sebelumnya, yaitu masih dalam penataan bantaran dengan giat pembersihan bantaran dan sungai citarum, penataan tekstur tanah, pemupukan dan pembuatan lobang tanam pohon keras jenis pohon plamboyan dan sosialisasi kepedulian kebersihan sungai citarum.

Dansektor 10 Citarum Harum (Kol. Inf. Sulistiono) menyampaikan kepada 60menit.com di poskonya “Hal ini terus berlanjut sebelum tuntas tugas mulia untuk pembenahan bantaran sungai dan sungainya, karena dengan penataan ini adalah tugas utama bagi kami yaitu untuk pembenahan bantaran sungai dan lingkungan supaya cepat terciptanya lingkungan yang layak dan bisa bermafaat buat masyarakatnya, soalnya kalo limbah kimia yang sudah berkontaminasi pada sungai adalah merupakan limbah kiriman dari hulu, maka para pasukan siliwangi yang sebelumnya harus ketat mengawal pembenahan IPAL Pabrik pabrik yang suka buang limbahnya ke sungai” Ucap Kolonel.


“Soalnya sampai saat inipun masih tercium bau yang menyengat bahkan bisa muntah bagi mereka yang belum terbiasa ada di wilayah ini, bau menyengat menandakan bahwa kwalitas air citarum belum bersih dari campuran limbah pabrik, disektor kita tidak menonjol soal limbah pabrik yang ada hanya kiriman  dari sektor sektor sebelumnya” Ucapnya.


Dalam giat hari ini kami menyusun kegiatan pada tiap tim yang sudah dibentuk, tim/unsur Arhanud 3/YBY, kekuatan 15 orang dipimpin Peltu Hari S melanjutkan kegiatan pemberian pupuk, penyiraman dan pemberian penahan pada lubang yang akan ditanami pohon flamboyan dengan menggunakan batang pohon pisang agar lubang tidak tertimbun material sampah ataupun tanah, pembersihan sampah, rumput dan alang-alang di sepanjang jalan sekitar RT 02/RW 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, tim/unsur dari Kikav 4 dgn kekuatan 14 orang dipimpin Sertu Ferry W melaksanakan pembersihan parit-parit, rumput , serta alang-alang di sekitar anakan sungai citarum RT 01 RW 25 Kp Cisameng Ds Rajamandala Kulon

Subsektor 2 tim/unsur rider 300 dengan kekuatan 15 orang dipimpin Koptu Sugeng H melaksanakan giat di kampung Cisameng Desa Rajamandala Kulon, pembersihan sampah dan semak belukar sekitaran sungai di RT 01 RW 10 Kp Bantar Caringin Ds Cihea dari sampah sisa tebangan dan membakarnya di satu tempat, pemberian pupuk, penyiraman dan pemberian penahan pada lubang yang akan ditanami pohon flamboyan dengan menggunakan batang pohon pisang agar lubang tidak tertimbun material sampah ataupun tanah di RT 01 RW 25 Kp Cisameng.

Dalam pelaksanan ini kami dari pasukan siliwangi dengan dibantu oleh beberapa warga yang sudah memiliki kepeduliannya kepada lingkungan, dengan adanya warga yang ikut berperan serta dalam giat ini adalah hasil sosialisasi dari tim kami, wargapun ikut menjaga terutama kepada warga yang suka membuang sampah rumah tangganya ke sungai walaupun saat sudak tidak lagi. (Zhove).