SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Friday, August 3, 2018

Eli Harliani : Kontribusi KIM Belum Maksimal Karena Keterbatasan Anggaran


Eli Harliani

BANDUNG, 60MENIT.CO - Kepala Bidang Diseminasi dan Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Eli Harliani menghadiri Musyawarah daerah (Musda) Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Kamis (2/8/2018) kemarin di Aula Serbaguna Balaikota Bandung.


Menurut Eli di sela-sela musda, pihaknya (diskominfo) membantu memfasilitasi musda ini agar berjalan lancar dan sukses, hal ini dalam rangka melaksanakan pembinaan KIM, "hari ini digelar pemilihan Ketua Forum KIM, yang merupakan langkah awal dari diskominfo untuk menindak lanjuti apa yang telah kita lakukan di periode sebelumnya.


"Kita berharap dengan adanya pemilihan yang lebih teratur, komprehensif, dan merangkul semua KIM yang ada di kelurahan menjadi lebih baik, karena target kita semua faham apa itu KIM, sebenarnya target kita kelurahan bukan forum, karena corong informasi kita adalah KIM yang ada di kelurahan atau kewilayahan.


Forum inilah yang menjembatani antara dikominfo dan KIM tingkat kelurahan dengan memberikan pemetaan, mana saja KIM kelurahan yang sudah mandiri, berkembang dan maju sesuai kriteria yang diharapkan, seperti diketahui beberapa periode KIM kita sudah mendapat beberapa penghargaan.


Diantaranya dari Presiden RI, Gubernur Jabar dan beberapa dari kementrian kominfo, hal ini harus dipertahankan karena  menjadi acuan buat kita, minimal mengacu pada penataan dan pemeliharaannya yang meningkat lebih baik", terang Eli.


Peserta musda yang diundang sejumlah 151 kelurahan, sebutnya, "Alhamdulillah setelah kita buat edaran hari ini sudah terbentuk di 151 kelurahan dan semua turut serta sebagai peserta pemilihan, saya serahkan semuanya pada forum yaitu panitia dengan tim 9.


Bagaimana mekanisme musda dan kita hanya memfasilitasi saja apa yang dibutuhkan. KIM adalah mitra kita di dalam pemberian informasi kepada masyarakat, beberapa planing kita yang sudah dilaksanakan yaitu menggiring melalui pemahaman yang sama tentang informasi sehingga mudah diserap supaya tidak ada informasi tidak benar atau hoax itu yang kita tekankan.


Planing kerja ke depan apa yang sudah ditetapkan diskominfo sebagaimana visi misi kita yaitu pemberdayaan masyarakat melalui pemberian informasi di masyarakat. Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan salah satunya bimbingan teknik atau bimtek rutin", jelasnya.


Eli menambahkan target awalnya adalah pengukuhan pengurus Forum KIM baru yang harapannya dihadiri dan dilantik Walikota Bandung, saya juga ingin Forum KIM ini bisa membuat pemetaan, karena KIM ini kan ada yang berbasis IT, sosial serta ekonomi. 


Ini yang perlu dipetakan bahwa segala sesuatu akan berjalan baik kalo kita memberikan arahan sesuai tupoksi kita. Menurut evaluasi sejauh ini kontribusi KIM belum maksimal karena mungkin keterbatasan anggaran dan kita belum melakukan roadshow ke kelurahan-kelurahan.


Inshaa Allah tahun depan kita rencanakan,  karena bagaimanapun mereka adalah mitra kita, nanti bila pengukuhan dan pelantikan dilaksanakn oleh walikota dan ada surat keputusan dari pimpinan nanti ada pengakuan minimal mereka punya dana kegiatan yang bisa dipergunakan buat di lapangan",pungkasnya. (Yusman)
Post a Comment