-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pos Edukasi Warga Untuk Citarum Harum Bukti Peduli Ecovillage Laskar Mentari

60menit.com
Selasa, 07 Agustus 2018

Pos Edukasi Warga Citarum Ecovillage Laskar Mentari

BANDUNG BARAT, 60MENIT.COM - (7-08-1018) Program Citarum sebagai bagian dari beranda rumah yang digaungkan oleh Pangdam III/Siliwangi (Mayjen TNI Besar Harto Karyawan) sudah merambah ke Desa Laksana Mekar Kec Batujajar Kab Bandung Barat.

Untuk menciptakan beranda rumah tersebut, Ecovillage Laskar Mentari Desa Laksana Mekar bekerja sama dengan Satgas Citarum dibawah binaan Dansubsektor Kapten Dedi K.

Hari ini, Selasa (7/8) Ecovillage Laskar Mentari merampungkan pembangunan Pos Edukasi warga dengan ukuran 4X4 m2 di Kp Ciampel Desa Laksana Mekar.

" Lokasi ini dulunya gunungan sampah, asap pembakaran nya sering mengganggu proses belajar SDN Ciampel karena letak nya berdekatan, akhirnya kami dengan bantuan Satgas Citarum dan masyarakat membersihkan tempat tersebut, 50 ton lebih sampah yang diangkut nya. " terang Ai Maryani ketua Ecovillage Laksana Mekar yang juga istri dari seorang anggota TNI Serda Sudaryat Babinsa Desa Galanggang Koramil 0918 Batujajar kepada Media

Kelompok pecinta lingkungan  yang pernah dinobatkan sebagai Ecovillage terbaik se Bandung Barat ini beberapa kali mendapatkan penghargaan, salah satunya penghargaan dari Pangdam III/Siliwangi selagi di jabat oleh Mayjen TNI Doni Monardo, serta terakhir mendapat penghargaan dari Ketua Dharma Pertiwi Ibu Tari Besar Harto Karyawan.

Masih menurut Ai Maryani. " Rencana nya kami akan menanam tanaman obat sebagai ajang pendidikan kesehatan herbal,  Alhamdulillah Dansektor 9 Kol Inf Sahal Ma'ruf sangat mendukung rencana ini. " Ujar nya lagi.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapten Dedi K selaku Dansubsektor yang membina Desa Laksana Mekar menjelaskan penting nya Pos Edukasi yang dibangun di area bekas pembuangan sampah.

" Ini adalah kreasi dan kepedulian warga Desa Laksana Mekar terhadap lingkungan dan Program Citarum Harum, saya selaku Dansubsektor nya mewakili Kol Inf Sahal Ma'ruf selaku Dansektor 9, ikut mendorong upaya pemulihan lingkungan, karena kita lihat dari awal, tempat yang dijadikan Pos Edukasi ini merupakan tempat pembuangan sampah. " Jelas Kapten Dedi.

" Ini adalah bukti dari masyarakat Desa Laksana Mekar melalui Ecovillage Laskar Mentari nya menciptakan Beranda Rumah sesuai dengan dengan harapan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan  sebagai Wadan Satgas Citarum bagian Pemulihan Ekologi  sesuai dengan Perpres 15 tahun 2018. " Tambah nya lagi, sambil mengakhiri pembicaraan dengan Media. (ACP).