-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 10 – Terus Upayakan Reboisasi Rehabilitasi Lahan Berkapur Supaya Tetap Subur

60menit.com
Selasa, 07 Agustus 2018



Reboisasi Sektor 10 - Lobang Tanaman di Area Berkapur (6-08-2018)

    
BANDUNG, 60MENIT.COM – (6-08-20180) Rangkaian inovasi pendukung revitalisasi sungai citarum Dansektor 10 (Kol. Inf. Sulistiono) Mengatakan pada 60menit.com “Kondisi tanah umumnya bebatuan besar sehingga membutuhkan alat khusus untuk dapat benahi tanah di area kami dalam pembuatan lobang tanaman, Masih terbatasnya tempat pembuangan sampah, sehingga personel Sektor 10 membuat inovasi dengan membuat TPS sementara dengan alat seadanya” Ucapnya


Lokasi yang terjal ini perlu pembenahan reboisasi sebagai normalisasi agregat tanah yang ada dalam perbaikan unsur hara dan pencegah bahaya banjir, kebetulan saat ini dalam kondisi kemarau di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon berakibat pada perawatan lubang tanaman plamboyan dan bambu hitam harus lebih ekstra perhatian. Hal ini untuk mencegah kerusakan unsur hara di setiap lubang yang akan ditanam.

Yang terjadi selama kegiatan yaitu pada pagi di Sungai Citarum tercium bau limbah yang sangat menyengat seperti bau antara lumpur dan limbah kimia yang jika tercium oleh orang yang tidak terbiasa mencium bau tersebut akan menimbulkan mual mual dan muntah muntah,  kadang bau berubah menjadi bau yang sangat amis. Hal ini sangat mengganggu kehidupan lingkungan masyarakat sekitarnya, Tanah yang digali untuk penanaman pohon plamboyan dan bambu hitam rata-rata tanah berkapur dan terdapat batu-batu besar sehingga menghambat kegiatan para pasukan siliwangi dalam pembenahan bantaran sungai dan lingkungan.

Terlepas dari semua kendala tersebut satgas sektor 10 yang dibantu ileh KKN Mahasiswa Tematik UPI terus melakukan giat pembenahan bantaran dan lingkungan, dengan harapan walaulpun keadaan demikian lingkungan dengan hadirnya pasukan siliwaqngi ini bisa merubah agregat tanah dengan kandungan unsur hara yang normal, sehingga warga setempat bisa memanfaatkan lahan yang ada sebagai sumber penghasilan tambahan, sehingga bisa merubah keadaan perekonomian yang ada.

Pemeliharaan Lobang Tanaman Supaya Subur Ketika Ditanam Pohon Keras (Giat Reboisasi)

Serda Rio Aditya P menyampaikan dalam pengrahan ketika apel pagi pada semua pasukan sisliwangi dan KKN Mahasiswa UPI, “Walaupun kita memiliki peralatan yang seadanya sedangkan medan kegiatan penuh bebatuan yang terjal, tetapi kita Maung Siliwangi janganlah gentar, dengan gerak semangat tempur yang jelas kita akan bisa mewujudkan sesuai dengan yang kita harapkan yaitu kita ciptakan daerah ini menjadi subur kelak, sehingga akan merubah tatanan perekonomian warga yang makmur” Tandasnya

Dalam pelaksanaan giat sektor 10 citarum harum hari ini senin (6-08-2018) dibagi du bagian yaitu, Subsektor 1 di area Desa Rajamandala Kulon Kp. Cisameng dan subsektor 2 di Desa Cihea Kp. Bantar Caringin, sedangkan Posko Pusat berada di Kantor Desa Rajamandala Kulon.

SUB SEKTOR -1 Tim/unsur Arhanud 3/YBY dipimpin Peltu Hari S melanjutkan kegiatan
penggalian lubang untuk tanaman plamboyan dan bambu hitam di sekitar lap bola Kp Cisameung dan bantaran sungai Citarum di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, pembersihan rumput, dan semak-semak disepanjang anakan sungai Citarum di Kp. Cisameung Ds Rajamandala Kulon agar lingkungan tetap tertata rapi. Sedangkan Tim/unsur dari Kikav 4 dipimpin Sertu Ferry W melaksanakan kegiatan  pembersihan parit, rumput, serta alang-alang di sekitar anakan sungai citarum RT 01 RW 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, pengukuran dan penggalian lubang untuk tanaman bambu hitam di bantaran S. Citarum Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, perawatan lubang galian tanaman flamboyan dengan penyiraman dan memasukan tanah gembur yang telah dicampur pupuk serta pemberian penahan batang pohon pisang agar lubang yang akan ditanami plamboyan ataupun bambu hitam dapat subur saat ditanami bibit dan menunjang keberhasilan program Citarum Harum.

SUB SEKTOR - 2 Tim/unsur Rider 300 dipimpin Koptu Sugeng H melaksanakan giat pembersihan sampah disekitar bantaran sungai citarum dan Kp Bantar Caringin dilanjutkan Sosialisasi kepada siswa sisiwi SMK Al-Bantari Bantar Caringin Ds Cihea tentang pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah ditempat yang telah ditentukan,
penggalian lubang yang akan digunakan untuk lubang plamboyan dan bambu hitam sekitaran lapangan bola Kp Cisameung, penyiraman 2 bibit pohon plamboyan yang diuji coba kekuatannya terhadap cuaca daerah Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon. (Zhove)