Header Ads

Sektor 5 - Tidak Ada Hari libur Untuk Lakukan Revitalisasi Sungai Citarum



Satgas Citarum Sektor 5 Lakukan Tanam Pohon di Bantaran Sunagi (12-08-2018)
 

BANDUNG, 60MENIT.COM – Minggu (12-08-2018) Seputar Bantaran sungai wilayah Kecamatan Solokan Jeruk  satgas citarum sektor 5 yang dibantu Mahasiswa KKN UPI dan masyarakat  melaksanakan karya bakti untuk rangkaian revitalisasi sungai citarum, (Dansektor 5) Kol. Inf. Dadang Rahadiansyah mengatakan di posko sektor 5 “Walaupun hari libur kami tetap melaksanakan karya bakti soalnya target kami masih panjang, dan hari libur biasanya masyarakat banyak yang dirumah maka cocok mengadakan sosialisasi dan pasukan kami ketika berpatroli sangat kemungkinan ada warga yang buang sampah sembarangan maka bisa ditindak langsung” Ucap Kolonel. 



Karya bakti yang dilakukan satgas siliwangi ini adalah penataan bantaran sungai terutama bantaran sungai yang tentu teras sering secara acak maka kini dibuat rata, bahkan daerah ini termasuk terjal karena lahan asli belum ada penataan sejak dari dulu tidak terawat, sedangkan penduduk setempat biasanya ada yang ikut menanam tanaman sayuran dan sejenisnya itupun lahan yang dipilih rata sehingga masyarakat tersebut tidak begitu susah dalam pngerjaannya.


Hal ini dilakukan oleh satgas sektor 5 subsektor I yang melaksanakan giat di wilayah bantaran sungai daerah Desa Sumbersari, Desa Rancakasumba dan Desa Mekarlaksana, kegiatan ini masih melanjutkan pekerjaan yang kemaren secara bertahap mengembangkan pelaksaan giatnya berupa sosialisasi terhadap warga. Pembenahan bantaran sungai, bersih bersih sampai dan pemeliharaan bibit pohon bakal tanam secara serentak di sepanjang bantaran sungai yang mana lobang tanam sudah dikerjakan tiap hari.




Wartawan 60menit.com ketika bertanya kepada Danki (Komandan Kompi) sektor 5 Kapt. Inf. Usman mengatakan, “Pasukan kami komplit ada yaitu sebanyak 50 Personil belum lagi ditambah Mahasiswa yang KKN, hari ini kami melaksanakan giat dari 4 subsektor dibagi beberapa wilayah dan di tiap subsektor melaksanakan giat yang sama yaitu, pembenahan bantaran sungai, penggalian kubang tanam bahkan ada juga yang sudah menanam pohon, pembersihan sampah dan melaksanakan sosialisasi pada masyarakat tentang pemeliharaan lingkungan yang bersih dan biopori” Ujarnya.



Di subsektor II yaitu wilayah Desa Bojong Emas Dansubsektor menyampaikan, “Dibagian kami kini melaksanakan pengerukan sungai yang dangkal dan pemerataan bantaran sungai dengan melakukan kendaraan berat yaitu Becho, soalnya tempat ini termasuk memerlukan kendaraan berat, kebetulan sungai lagi surut maka kami dengan mudah melaksanakan karya bakti pengerukan ini, dan adapula bantaran yang tidak rata maka kami ratakan hal ini untuk pemanfaatan lahan mudah mudahan kedepannya bisa ditanami palawija oleh masyarakat sekalian pemeliharaan bantaran kedepannya, kendaraan berat terus bergeser dari subsektor I dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan” Ucapnya.


Subsektor lainnya masih melakukan giat sosialisasi terhadap warga karena pergerakan satgas terus bertahap dan berkembang dari desa ke desa diwlayah sektor 5 yang cakupannya cukup luas pula maka hal ini terus berkembang dalam mensosialisasikan biopori dan pentingnya kebersihan juga pemeliharaan sungai citarum supaya tetap bersih, sehingga musibah banjir secara bertahap bisa diatasi.(Zhove)


Post a Comment