SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Saturday, September 8, 2018

Dansektor 22 - Tanam Pohon di Bantaran Sungai Cinambo Bentuk Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Terhadap Dukungan Revitalisasi Sungai Citarum


Penanaman Pohon Plamboyan Oleh Satgas Citarum
Di Bibir Sungai Cinambo (Cimencrang 7-09-2018)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Dansektor 22 (Kol. Inf. Asep Rahmat Taufik) beserta satgasnya menanam pohon keras jenis Plamboyan sebanyak 17 pohon di pinggiran bantaran sungai cinambo Kelurahan Cimencrang Kecamatan Gedebage, Jumat (7-09-2018).

Penanaman pohon ini didampingi oleh stap kelurahan cimencrang mewakili lurahnya yang kebetulan lagi menghadiri kegiatan di Balai Kota Bandung.

Kol. Inf. Asep menyampaikan pada 60menit.com "Memang kami punya rencana Penghijauan di tiap bantaran sungai yang ada di Kota Bandung, dengan dasar atas di berlakukannya peraturan presiden no. 15 Tahun 2018, tentang Revitalisasi Sungai Citarum, sehingga sudah tugas kami mensukseskan program ini yaitu pengawasan penceremaran sungai, penggunaan IPAL pada para pelaku Industri dan penghijauan bantaran sungai demi bersih dan indahnya lingkungan merupakan pendukung revitalisasi sungai Citarum' Tegasnya.


Lanjut Kolonel "Kami sudah memperhitungkan jarak tanam pohon dengan hasil survay panjang sungai, maka kami kasih jarak tanam dengan 20 Meter ke tanaman  berikutnya yang nantinya akan kami sisipkan pohon lain dengan jenis pohon tanaman keras yang berbunga kuning dan satu lagi pohon berbunga ungu, kan kalo plamboyan bunganya merah, jadi beberapa tahun kedepan ketika pohon ini berbunga maka akan ada tiga warna bunga dengan selangan jarak pohon berdekatan, saya rasa ini akan tampak keindahan, apalagi di bawah pohonnya dirawat dengan rapih, hingga akan muncul ICON daerah ini dengan sendirinya" Ucapnya.

Di sektor 22 yang khususnya di bidang pembibitan pohon keras dilokasi Dago Resort telah tersedia beberapa jenis bibit tanaman keras dengan jumlah penyemaian ribuan bibit tanaman, dengan area lahan seluas 3 Ha. kebetulan pemilik lahan ini adalah salah satu masyarakat yang peduli terhadap Program Citarum Harum.

Persediaan bibit tanaman keras ini memang diperuntukkan untuk penghijauan dibantaran sungai yang mana ada banyak sungai merupakan anak, cucu dan cicitnya sungai citarum. 

Selain melakukan penanaman pohon dibantaran sungai satgas bertujuan untuk mengingatkan pada masyarakat supaya bisa merawat dan meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan terutama daya dukung terhadap suksesi program revitalisasi sungai citarum, dan ini secara langsung merupakan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat. (Zhove)

Post a Comment