Header Ads

Dansektor Pembibitan Sosialisasikan Pemulihan Ekosistem Hulu Citarum Harum Berbasis Konservasi Menuju Masyarakat Mandiri Dan Sejahtera.


Letkol. Inf. Chaerul Anam (Dansektor Pembibitan)

KERTASARI, 60MENIT.COM - (25-09-2018) Kab. Bandung, Terbitnya Perpres nomor 15 tahun 2018 dengan dibentuknya Satgas Citarum Harum bertugas untuk percepatan serta pemulihan DAS Citarum secara Sinergis dan berkelanjutan, kegiatan pembenahan terus di lakukan di masing masing Sektor .

Tidak kalah penting pembenahan dan pemulihan hulunya Sungai Citarum yang terletak di Desa Tarumajaya, Desa Cibeureum, Desa Cikembang dan Desa Cihawuk Kec Kertasari Kabupaten Bandung. Sebagian besar lahan di Kertasari merupakan lahan kawasan hutan yang sudah beralih fungsi menjadi lahan pertanian. untuk itu kegiatan pemulihannya dengan pembibitan tanaman keras, diantaranya Kopi dan buah buahan.


Kegiatan Sosialisasi Pemulihan Ekosistem Hulu Citarum Harum Berbasis Konservasi Menuju Masyatakat Mandiri Dan Sejahtera tersebut dilakukan di Aula Desa Cibereum Kec. Kertasari Kab. Bandung (Selasa 25 September 2018)

Di hadiri oleh ,Kepala Desa Cibereum Tokoh Masyarakat dan  Masyarakat setempat, Desa Cikembang, Desa Tarumajaya dan Desa Cihawuk, Dansektor Pembibitan LetKol. Inf. Chairul Anam, Danramil Kertasari dan perwakilan dari Polsek.

Dalam Sosialisasi tersebut di Paparkan langsung ide dan gagasan Dansektor Pembibitan Letkol. Inf. Chairul Anam, "Terkait betapa pentingnya menjaga alam dan melestarikan lingkungan dengan tetap  membimbing dan memberdayakan juga memperhatikan Masyarakat sekitar untuk solusi jangka panjang dan merubah pola fikir serta pendekatan kesejerahteraan dengan merubah dari sayuran beralih ke tanaman Kopi dengan tanaman kehutanan" Tegasnya.

"Yaitu diantaranya dengan Penanaman Bibit Kopi dan rencana pembangunan pabrik kopi Daerah Pembibitan agar nanti kedepannya masyarakat secara perlahan tapi pasti setelah mendapatkan sosialisasi bisa bekerjasama dalam pemulihan Hulu Sungai Citarum dengan beralih profesi di mulai dengan menanam Pohon Kopi, Pohon Keras yang nantinya hasil dari penanaman kopi tersebut juga diolah oleh pabrik yang nantinya akan di bangun" Pungkas Dansektor.  (Benny)
Post a Comment