Header Ads

Ini Sirih Cina, Rumput Liar Yang Tumbuh Di Halaman, Beginilah Manfaat Buat Kesehatan


Sirih Cina (*Net)

Diambil dari : sirih cina via kronika.id

BANDUNG,  60MENIT.COM - (12-09-2018) Ternyata tanaman yang sering kita jumpai dan dianggap sebagai rumput yang gak berguna ini ternyata luar biasa loh.

Tanaman ini disebut tumpangan air atau sirih cina, bahasa latin adalah Peperomia pellucida spesies P.pellucida . Dalam bahasa Inggris disebut pepper elder, shining bush plant, atau man to man. 

Tumbuhan yang tidak kenal musim ini dikenal di Asia dan Amerika. Bentuknya kecil dan daun tebal, berair dan tekstur lunak. Ukuran sirih cina antara 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen (berair), akar dangkal, berwarna cerah, dan berdaging.

Tanaman ini sering tumbuh ditempat yang lembab seperti pekarangan rumah, pinggir sumur, tumpukan bata, serta saluran air.

Dianggap rumput, sedikit sekali orang yang mengetahui manfaat daun ketumpang. Padahal daun ini punya manfaat segudang loh.

Sirih cina atau ketumpang air bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti bisul, jerawat, radang kulit, luka bakar, abses, luka memar, mengatasi bengkak, mengobati gangguan kemih, mengurangi sakit perut, dan mengatasi penyakit ginjal.

Resep dan cara mengolahnya. Beberapa metode herbal berikut ini dapat dipraktekan dirumah masing-masing.

Salah satunya resep herbal ketumpang air yang dapat disajikan seperti teh. Ada pula dengan cara membuat ketumpang air menjadi minuman, bisa juga dicampur untuk bahan makanan seperti lalapan.

Untuk menyajikan ketumpang air disajikan seperti teh sebagai berikut :

Siapkan daun dan batang ketumpang air segenggam tangan, Masukkan kedalam panci dan Masukan 2 gelas air dan ketumpang air serta rebus selama 15 hingga 20 menit. Saringlah rebusan tersebut sehingga terpisahkan
Tambahkan gula untuk menambah rasa manis
Teh herbal ini dapat diminum segelas, 3 kali dalam sehari.

Nah itulah manfaat daun ketumpang air,sangat mudah bukan caranya silahkan coba dirumah masing-masing,selain menghemat biaya cara ini lebih efisien, aman, karena belum ditemukan efek sampingnya. (*)

Editor : Zhovena
Post a Comment