-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dansektor 5 - Suksesi Pembenahan Sungai Citarum Akan Terhambat Bila Ada Yang Main Mata

60menit.com
Selasa, 16 Oktober 2018


Karya Bakti Pembersihan Bantaran Sungai (16-10-2018)

BANDUNG, 60MENIT.COM - (16-10-2018) Upaya Satgas Citarum Sektor 5 dalam pembenahan lingkungan yang menjadi area kerjanya untuk merubah ataupun meminimalisir keadaan yang biasa terjadi tiap tahunnya pada daerah tersebut yaitu banjir langganan yang menimpa sehingga mempengaruhi tekstur dan Aerasi tanah tidak seimbang, mengakibatkan buruknya faktor ekonomi dan budaya masyarakat.

Sosialisasi Pada Masyarakat (16-10+2018)

Dansektor 5 (Kol. Inf. Dadang Rahadiansyah) berupaya menciptakan teknik pemulihan status derajat tanah tersebut dengan beberapa cara dan salah satunya adalah pembuatan lubang biopori yang kini gencar di tiap pelosok bantaran sungai dan kisarannya supaya bisa meminimalisir bahaya banjir yang menaimpa pada daerah tersebut.


Sudah ratusan biopori yang dibuat satgas sektor 5 pada tiap RW di beberapa Desa bagian Bantaran Sungai selain menjalankan karya bakti Pembenahan dan Penataan tanah bibir sungai juga pembersihan sampah rumah tangga yang dibantu oleh masyarakat demi percepatan program Citarum Harum.


Kolonel Dadang mengatakan pada 60menit.com, di Posko Sektor 5 (Rancakasumba), "Suksesnya Revitalisasi Sungai Citarum adalah kebahagiaan para pihak terutama masyarakat yang ada di bantaran sungai, karena harapan bersihnya Sungai Citarum itu ada pada Satgas Citarum saat ini, maka kita jangan main-main apalagi main mata dengan pembuang limbah" Tegasnya.



"Kami pertaruhkan jabatan dan kapasitas kami sebagai Pasukan Siliwangi, maka sangat disayangkan apabila kita yang bertugas disini hanya main-main" Jelasnya.


"Kita serius bertugas disini untuk sukseskan Program Citarum Harum, demi Bangsa dan Negara yang sudah tercoreng oleh Dunia, maka mari kita sama-sama merubah status sungai, merubah mindset masyarakat supaya kedepan kita maju dan bisa memakmurkan Negara dan Bangsa yang kita Cintai" Pungkas Dansektor.


Pembenahan Bantaran
Pembuatan lubang biopori dan karya bakti penataan bantaran sungai dalam pembersihan sampah dan rumput liar terus berjalan dengan lancar giat ini dibantu oleh masyarakat dan karang taruna juga pembuatan taman icon juga sosialisasi terhadap masyarakat terus di jalankan.


Diwilayah yang berbeda satgas sektor 5 melakukan penanaman pohon sambil penertiban perilaku masyarakat supaya tidak membuang lagi sampah sembarangan karena bersih, indah ya lingkungan akan menciptakan peradaban masyarakat yang tinggi hingga meningkatkan derajat perekonomian yang mumpuni. (Zhove)