SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Monday, October 1, 2018

Kodam III/Siliwangi Selenggarakan Upacara Kesaktian Pancasila




BANDUNG, 60MENIT.COM - Senin (01/10/2018) Dalam rangka mengenang kembali pengorbanan para Pahlawan Revolusi dan sebagai wujud penghargaan serta penghormatan kepada para Pahlawan Revolusi yang telah gugur akibat dari kebiadaban Gerakan Komunis yang dikenal dengan G 30 S PKI, Kodam III/Siliwangi menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung


Upacara peringatan Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc dan ditandai dengan pembacaan Teks Pancasila yang sebelumnya dipedengarkan musik tanda kebesaran buka dan tutup oleh Korps Musik dari Ajendam III/Siliwangi serta dilakukan penghormatan oleh seluruh peserta upacara.

Dalam upacara tersebut, selain dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan do'a serta dibacakan pula Ikrar yang berisi bahwa : Pertama, Sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tangga 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap NKRI. Kedua, rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara dan ketiga, dengan semangat kebersamaan yang landasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.


Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, semua yang hadir membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara peringat Hari Kesaktian Pancasila ini juga sebagai momentum untuk dapat merekatkan kesatuan dan persatuan bangsa, agar dapat berkonsentrasi dan mengerahkan seluruh tenaga, pikiran dan semua potensi yang dimiliki secara optimal untuk membangun negeri ini. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).
Post a Comment