SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Thursday, October 11, 2018

Sektor 5 - Mendekati Musim Penghujan Kita Tingkatkan Pembuatan Lubang Biopori dan Lubang Tanam Penghijauan


Penanaman Pohon



BANDUNG, 60MENIT.COM - (11-10-2018) Sektor 5 Citarum Harum saat ini lebih fokus ke pembuatan lubang biopori dan Lubang tanaman keras yang hendak dijadikan penghijauan di sepanjang bantaran dan bibir sungai wilayahnya, Rancakasumba (11-10-2018).



Kol. Inf. Dadang Rahadiansyah (Dansektor 5 Citarum) menyampaikan pada 60menit.com, "Mendekati musim penghujan kita tingkatkan pembuatan lubang biopori dan juga lubang untuk penanaman pohon penghijauan, sehingga akan dapat bermanfaat untuk penanaman bibit dan penyerapan air tanah" Tegasnya.


Pembuatan Biopori
"Tetapi kami tidak meninggalkan pekerjaan yang sebelumnya, seperti karya bakti pembersihan sampah dan rumput liar yang ada di sungai dan bantarannya, penataannya  bantarannya juga, penataan taman icon, pemeliharaan bibit tanaman dan sosialisasi kepada masyarakat sebagai penyuluhan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan sebagai regenerasi Pemeliharaan Sungai" Imbuhnya.

Apel Gabungan Bersama Masyarakat Sebelum Karya Bakti Dimulai


Saat ini pembuatan lubang biopori dilakukan oleh satgas sektor 5 yang dibantu oleh masyarakat diwilayah RW. 01 Desa Sapan Cagak (Subsektor II)) dan. Bojonggede Desa Rancakasumba (Subsektor III).



Untuk giat penanaman Pohon saat ini dilakukan di subsektor III yaitu di wilayah Kp. Bojongrangkas Desa Rancakasumba, "Hal ini dilakukan karena fasilitas bantaran sudah diratakan, rumput liarpun sudah dibersihkan, lagian bibit pohon sudah masuk usia tanam dan tingkat kesuburannya pun bagus sehingga kelayakan tanamnya sudah pas" Ucap Tanto (Dansubsektor III).


Pembersihan Sampah
Satgas Lainnya dan dibantu oleh masyarakat, gerak mengadakan pembersihan lingkungan bantaran sungai yang terletak di wilayah RW. 09 Kp. Sagalaherang Desa Rancakasumba (Subsektor III) dan wilayah RW. 04 Kp. Loa Kerak Desa Mekarsari.


Pemeliharaan bantaran sungai dan penataan bibir sungai selain untuk fasilitas Penanaman Pohon juga merapihkan lingkungan hal ini dilakukan di wilayah Sungai Bojongemas oleh subsektor II dan Pembenahan Citarum Burung Dalam, wilayah Desa Sumbersari oleh subsektor I. (Zhove)
Post a Comment