Header Ads

Sektor 5 - Kewajiban Kami Satgas Citarum Untuk Percantik Bantaran Sungai





BANDUNG, 60MENIT.COM - (4-10-2018) Biopori atau lubang resapan yang dibuat dengan sengaja, dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan (diameter 10 sampai 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm) yang ditutupi sampah organik yang berfungsi sebagai penyerap air ke tanah dan membuat kompos alami. Seperti postingan saya yang lalu yang berjudul Biopori: Solusi Teknologi Ramah Lingkungan menyebutkan bahwa Biopori merupakan metode alternatif untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah, selain dengan sumur resapan. Berikut beberapa fungsi dan tujuan dari Biopori.


Pembuatan Biopori
Hal ini sedang digalakkan oleh Satgas Sektor 5 Citarum Harum, sebagai pelengkap dari penanaman pohon merupakan penghijauan Bantaran Sungai.

Hal diatas diungkapkan oleh Dansektor 5 (Kol. Inf. Dadang Rahadiansyah), Rancakasumba (5-10-2018)

Pembuatan Lubang Biopori hari ini dikerjakan di daerah Kp. Sapan Desa Sumbersari, Kp. Bojonggede Ds. Rancakasumba dan di Kp. Jolok Desa Mekarsari, Kec. Ciparay Kab. Bandung.



Diwilayah lain Satgas Citarum dibantu oleh masyarakat giat melakukan Penanaman Pohon, seperti yang dilakukan oleh Subsektor II Sektor 5 melaksanakan penanaman pohon sekitar bantaran sungai di Desa Bojongemas, pohon yang ditanam adalah jenis tanaman keras yang bermanfaat dan berbuah.



Dansektor 5 menyampaikan pada 60menit.com "Dari 11.000 Tanaman kini tinggal 7.000 bibit, Beberapa waktu kebelakang kami sudah menanam pohon di bantaran sungai dengan beberapa tempat yang berbeda, dan hari ini kami menanam lagi pohon yang sudah cukup usia tanam dan tingkat kesuburan tanaman sudah mencukupi" Tegasnya.

"Subsektor lain seperti subsektor I, III dan IV mereka masih melanjutkan Sosialisasi kepada masyarakat dan melaksanakan karya bakti yang dibantu oleh masyarakat setempat memberikan sampah dan rumput liar di sekitar bantaran sungai juga penyempurnaan penataan taman icon  dari beberapa tempat" lanjut Kolonel. (Zhove)
Post a Comment