-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Keren, Kota Bandung Kini Raih Penghargaan Top 10

60menit.com
Jumat, 09 November 2018




Kota Bandung Raih Penghargaan Top 10 Tentang
Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018

BANDUNG, 60MENIT.COM - (09-11-2018) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima penghargaan Top 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada acara penutupan The International Public Service Forum 2018 di Jakarta, Kamis (8/11/18). 

Menteri PAN-RB, Syafruddin menyerahkan langsung penghargaan berupa Piala Anggakara Birawa kepada Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas pelayanan pengaduan publik Lapor (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bandung.

"Pemkot Bandung memang memiliki layanan Lapor yang telah dimodifikasi. Aplikasi Lapor milik Pemkot Bandung mampu bersaing dengan sekitar 4.000 layanan pengaduan milik lembaga dan pemerintah daerah lainnya di Indonesia. Ini sangat luar biasa," ujar Yana usai menerima penghargaan.

Atas penghargaan ini, Yana memastikan, Pemkot Bandung memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Para ASN Pemkot Bandung mampu menghadirkan terobosan layanan publik. Apalagi sehari sebelumnya, inovasi milik Pemkot Bandung lainnya yaitu Mini Lab Food Security juga memperoleh penghargaan.

"Kita memperoleh penghargaan dua hari berturut-turut. Ini sangat luar biasa. Ini harus menjadi motivasi bagi seluruh ASN Kota Bandung untuk terus berinovasi," tutur Yana.

Namun Yana menegaskan, tuntutan inovasi bukan untuk memperoleh penghargaan. Inovasi wajib hadir untuk memastikan pelayanan publik berjalan dengan prima.

"Karena inovasi ini ujungnya pelayanan publik yang semakin prima," kata Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, dr. Ahyani Raksanagara mengungkapkan, Top 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018 ini memang ajang kompetisi bagi lembaga dan pemerintah daerah secara nasional. Penilaiannya, terkait pengelolaan keluhan dan masukan dari masyarakat menjadi pelayanan yang lebih baik.

"Kota Bandung dinilai mampu mengelola semua keluhan dari masyarakat menjadi peningkatan pelayanan. Apalagi Lapor ada di Kota Bandung sejak 2013," jelas Ahyani.

Namun Ahyani mengatakan, tantangan bagi Pemkot Bandung semakin besar. Pasalnya, Pemkot Bandung memiliki banyak saluran untuk menampung keluhan masyarakat. Ke depannya, Pemkot Bandung harus mengintegrasikan seluruh saluran tersebut ke Lapor. 

"Selain Lapor, kita memiliki call center dan media sosial. Ini tantangan bagi kita untuk mengintegrasikannya," ujar Ahyani. (*)