-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 5 Citarum Harum Terus giat Pembenahan Sungai Selalu Libatkan Warga Supaya Terbentuk Jiwa Korsa

60menit.com
Rabu, 14 November 2018


Pembuatan Bak Sampah di Bantaran Sungai

BANDUNG, 60MENIT.COM - (13-11-2018) Gerak personil Satgas Sektor 5 Wilayah Kecamatan Solokan Jeruk dan Ciparay Kabupaten Bandung, terus berkarya dalam program percepatan revitalisasi sungai citarum, secara keseluruhan Personil satgas citarum Harum melaksanakan Apel pagi di subsektor masing - masing besama warga yang ikut membantu karya bakti.

Pembuatan Jalan Kampung
Giat Subsektor 01-5 di Desa Sumbersari melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat Rw.04 memperbaiki jalan perkampungan demi kelancaran aktivitas masyarakat dan keamanannya di musim hujanpun tidak becek, didampingi oleh pelda Mujiono beserta 6 org anggota dan  tokoh masyarakat Ketua Rw04  (bpk ayub).

Taman Icon
Melanjutkan perbaikan taman icon / Taman di RW 13 RT 04 kp. Sapan seluas kurang lebih 50 m² yang semula pembuangan sampah liar kini dijadikan tampat bermain anak, selanajutnya melaksanakan penghijauan penanaman bibit pohon produktif (pohon buah)  dan pemeliharaan pohon jenis tanaman keras, pemeliharaan bibit pohon yang sudah di tanam, dipimpin oleh Pelda Pujiono (Dansubsektor 01-5) personil satgas citarum bersama masyarakat sebanyak  5 org dan Ketua Rt 05 (Bpk Agus).

Lubang Biopori
Giat pembuatan  lubang biopori di RW. 11 RT. 01 s/d RT 04 Ds.Sumbersari dan biokompos serta mendukung  program desa , jumlah lubang disebanyak 20 lubang baru dilaksanakan sebanyak 250 lubang target perbulan 300 lubang, giat bersama warga sebanyak 8 org  didampingi oleh personil satgas Kptu Kalimin dan Ketua RT 04 (Bpk Tono).

Subsektor 2 di Bojong Emas melaksanakan pembersihan sampah dan perbaikan bantaran yang rusak akibat curah hujan tinggi sehinhga tanah terbawa arus, giat ini dilaksanakan di RW 04 RT 02 bersama warga  dilanjutkan dengan pembuatan Pot Bunga yang direncanakan jadi taman, dipimpin oleh Serda Ari Nokas dan tokoh masyarakat Pak Gungun sebagai kepala RW 02.  Pembenahan Taman Icon bersama masyarakat 4 Org warga dan personil satgas sebanyak 4 org, di dampingi tokoh masyarakat bapa Jeje dan personil satgas serda Kurnia Wahyudi.

Giat personil melaksanakan pembuatan lubang Biopori di RW 04 desa Bojong emas sebanyak 10 lubang dan sudah di capai baru 130 lubang dari target perbulan adalah 300 lubang persubsektor , giat ini di laksanakan bersama warga sbanyak 2 orng dan personil satgas 3 orng dampingi oleh personil satgas Koptu Arul.

Tanam Pohon
Subsektor 3 Ranca Kasumba, Melaksanakan kegiatan penghijaun Penanaman bibit pohon Jejen, jambu kelutu, durian dan lainnya, bibit ditanam di sepanjang bantaran sungai citarum di RW 07.RT 02 Kp.Rancabereum, bibit baru di tanam sebanyak 250 bibit pohon dan Rencana yg akan di tanam target 2000 pohon yang akan ditanam di subsektor 3, didampingi oleh Sertu Suwarya dan tokoh masyarakat Rt 02 a.n bpk. Dedi.

Giat pembuatan lubang Biopori di Rw 11 Rt 01 Kp.Koyod Desa Ranca Kasumba  sebanyak 10 lubang dengan hasil di capai baru 130 lubang dari target/bulan adalah 300 lubang persubsektor, giat dibantu warga sebanyak 2 Org dan personil satgas sebanyak 2 org  giat ini di dampingi oleh personil satgas Kopda Alan diteruskan Sosialiasi kepada orang tua murid TK Alkhoer di Rw 09 Rt 01 Kp Sagalaherang Ds Rancakasumba, menerapkan hiduo bersih kepada anak anak mereka dan memberi contoh supaya tidak membuang sampah sembarang. Giat ini di laksanakan oleh Personil Satgas Citarum sebanyak 2 orang dan di dampingi oleh kapten Cba Tanto Budianto.

Bersihkan Solokan
Subsektor 4 di Ds. Mekarsari dengan giat yang sama dengan Subsektor lainnya, namun setelahnya melaksanakan Giat Karya Bakti Pembersihan Selokan yang Menyalur Ke Sungai  Citarum RW 04 RT 04 Kp.Loa Kerak Ds.Mekarsari dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Tentang Pemeliharaan Lingkungan di Kp. Loa Kerak sepanjang Kurang lebih 50 M Pembersihan Saluran Selokan Yang Mengarah Langsung Ke Sungai. (Zhove)