-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si. Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

60menit.com
Sabtu, 15 Desember 2018



BANDUNG, 60MENIT. COM - (15/12/2018) Anggota DPRD Kabupaten Bandung, H.M Dadang Supriatna, S.Ip,M.Si. yang saat ini mencalonkan anggota DPRD Propinsi Jawa Barat no urut 4  dari Partai Golkar, didampingi Ketua KNPI kecamatan Ciparay,Eko Dermawan dan calon anggota Legislatif kabupaten Bandung,Dapil 6  Asep Nasrudin ( Ace) no urut 10 , melakukan penggalangan dan Sosialisasi komitmen GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), bersama 250 komponen Masyarakat kecamatan Ciparay dan Ormas Pemuda Pancasila ,Sabtu( 15/12) di GOR  desa Sumbersari kecamatan Ciparay kabupaten Bandung.

Hal ini berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan dalam upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS)).

Menurut Dadang, "pembangunan kesehatan harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Maka dari itu untuk mencapai Indonesia sehat Pemerintah Daerah perlu memastikan tersedianya layanan kesehatan terstandar bagi seluruh masyarakat. 

"Tadi kami membuka dan meresmikan serta melakukan Sosialisasi  GERMAS sebagai program pusat yang harus disukseskan oleh semua daerah maupun Kab/Kota, dan tentu suksesnya ini ditentukan dengan penerapannya yang dimulai dari bawah atau instansi terkait," ucapnya.

"lalu berikutnya kita tularkan pada masyarakat secara menyeluruh. Sehingga pelayanan kesehatan tidak melulu dilakukan oleh pihak kesehatan tetapi semua instansi punya harus wawasan tentang kesehatan," ujar Dadang.


Dia menuturkan, upaya promotif dan preventif harus dikedepankan, dengan didukung keterlibatan lintas sektoral. "Dan ini menjadi komitmen kita bersama karena pentingnya kesehatan bagi kita semua," jelasnya.

"Dia menambahkan, guna mewujudkan GERMAS, masyarakat pun harus disadarkan dengan perilaku hidup sehat. Di antaranya melalui peningkatan aktivitas fisik, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, serta peningkatakan kualitas lingkungan. 

"Kesehatan yang kita inginkan adalah kesehatan jasmani, rohani dan akal pikiran. Tiga hal tersebut harus menjadi fokus agar bisa lebih seimbang. Selain itu makanan yang kita konsumsi juga harus B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Kedepan kita juga ingin makanan-makanan bebas dari residu sehingga tidak membahayakan tubuh kita," tuturnya.

"Adapun faktor lingkungan dan gerak tubuh yang teratur, cukup dan memadai. Karena pada saat yang sama 75% kesehatan masyarakan dipengaruhi oleh perilaku hidup sehat dan lingkungan yang sehat," tambahnya.

Dadang berharap Gerakan Hidup Sehat ini bisa di ikuti oleh seluruh lapisan Masyarakat dan bisa berjalan secara optimal sesuai dengan kebijakan-kebijakan Bupati Bandung 

Dimana awalnya kami mengundang Sosialisasi GERMAS ini 50 orang namun antusias Masyarakat untuk mengikuti Sosialisasi ini yang datang 250 orang lebih, tentunya ini merupakan kebahagian tersendiri bagi saya,karena masyarakat mulai tumbuh kesadaran dalam upaya gerakan hidup Sehat sehingga Masyarakat merasa peduli kesehatan, dengan komitmen GERMAS ini masyarakat dapat lebih aware tentang kesehatan, dengan mengenali sumber daya dan potensi lokal yang dimiliki masyarakat untuk mencapai hidup sehat," pungkasnya. (Wahyu)