-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peringati Hari Juang Kartika Ke 73 Kodam III/Siliwangi Gelar Upacara Dilapangan Brigif Cimahi

60menit.com
Sabtu, 15 Desember 2018


Pangdam III/Slw. (Mayjen. TNI. Tri Soebandono)

CIMAHI,60MENIT.COM - Sabtu (15/12/2018) Prajurit Kodam III/Siliwangi menggelar upacara di lapangan Brigif 15/Kujang II Jln. Terusan Sudirman Kota Cimahi guna peringati hari Hari Juang Kartika (HJK) yang ke-73 Tahun 2018.

Penyelengaraan peringatan Hari Juang Kartika ini bertujuan untuk melestarikan nilai kejuangan yang telah dilaksanakan Angkatan Darat, dalam pengabdiannya selama ini kepada TNI, Bangsa dan Negara.  

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, " Tema Hari Juang Kartika tahun 2018 yaitu, “ TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat ”.

" Sangat tepat merepresentasikan komitmen Prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia", ulang Pangdam

," Torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda", jelas Pangdam menyampaikan amanat Kasad

," Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia", pungkas Pangdam mengahiri amanat Kasad yang dibawakanya

Upacara peringatan Hari Juang Kartika di wilayah Kodam III/Siliwangi, diikuti seluruh Prajurit dan perwakilan PNS Jajaran Kodam III/Siliwangi,  Kopassus, Kostrad dan pelajar SMK Kartika Siliwangi.


Tampak hadir pada upacara tersebut, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Wakapolda Jabar Brigjen Supratman, para Pejabat dan Perwira Kodam III/Siliwangi, Kapolres dan Wakil Wali Kota, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi Ny. Wiwik Tri Soewandono dan tamu undangan lainnya.

Usai melaksanan upacara pokok, kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian tali asih oleh Pangdam III/Siliwangi kepada Warakawuri, Veteran Pejuang dan warga sekitar yang tidak mampu.

Selanjutnya Pangdam meninjau pelaksanaan khitanan massal gratis yang diikuti 73 orang anak dan pengobatan umum gratis yang diikuti 50 orang serta donor darah yang diikuti 218 orang.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi juga melaksanakan penghijauan, dengan cara simbolis menanam pohon mangga harum manis.

Sementara di Balai Pertemuan Dokter Rd Kornel Singawinata Rumah Sakit Dustira Cimahi, pada saat yang bersamaan di gelar bakti Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Donor Darah dan pembagian Kaca Mata gratis. Kegiatan ini hasil kerjasama Kodam III/Siliwangi dengan Rumah Sakit Cicendo Bandung, Berlico Farma, dan Selaras.

Peringatan Hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018 ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Prajurit berprestasi, yaitu Sertu Sigit Santosa dari Yonarmed 4 dan Pratu Wiryawan Jaya Subangkit dari Yonif Raider 300/BJW. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi)