-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Mayjen TNI Tri Soewandono Buka Rapim TNI - Polri TA. 2019 Wilayah Jabar Dan Banten Di Gedung Graha Tirta Bandung

60menit.com
Rabu, 13 Februari 2019



BANDUNG, 60MENIT.COM - Selasa (12/02/2019) Hari ini di selenggarakan Rapim TNI - Polri Tahun 2019 Wilayah Jabar dan Banten yang di laksanakan di Gedung Graha Tirta  Jalan Lombok Kota Bandung.

Rapim TNI - Polri Tahun 2019 ini di ikuti 182 orang peserta, yang terdiri dari TNI 88 orang, Polda Jabar 78 orang dan Polda Banten 14 orang. Tema yang di usung pada kegiatan ini adalah "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, Netralitas, TNI - Polri Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 Dan Pembangunan Nasional, Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Jabar Dan Banten".

Pada pelaksanaanya, acara ini diawali dengan laporan ketua penyelenggara Rapim TNI - Polri, yaitu Asisten Perencanaan  Kodam III/Siliwangi Kolonel Kav Otto Sollu. Kemudian acara dilanjutkan dengan pernyataan resmi pembukaan Rapim TNI - Polri oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono.

Tampak hadir pada acara tersebut diantaranya, Kapolda Jabar Irjen Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Waka Polda Jabar Brigjen Pol A.  Wiyagus dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum serta Gubernur Banten.


Pada sambutanya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan," Rapim ini menindaklanjuti Rapim TNI - Polri yang telah di laksanakan di Jakarta beberapa hari lalu, dan telah mendapatkan  pengarahan dari Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dan para Menteri yang terkait".

"Pelaksanaan Rapim TNI - Polri ini, dengan tujuan untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam pengamanan Pemilu dan Pembangunan Nasional di Wilayah Jabar dan Banten serta menegaskan netralitas TNI - Polri, dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden", jelas Pangdam

Kemudian Pangdam kembali menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada anggota Polri dan Kapolda Jawa Barat serta Kapolda Banten yang telah bersama-sama menanggulangi bencana alam tsunami Selat Sunda dan longsor di Sukabumi beberapa waktu lalu.

"Kita dapat bahu membahu dan gotong royong menjalankan tugas sesuai fungsi, kewenangan dan tanggung jawabnya masing-masing ", kata Pangdam

Selanjutnya Pangdam menambahkan, tantangan tugas TNI - Polri kedepan semakin meningkat dan kompleks, sehingga menuntut  kita untuk beradaptasi dengan perubahan zaman".

"Potensi ancaman yang perlu dicermati kedepan antara lain, dampak tantangan dunia baru, perang cyber, illegal fishing, penyeludupan barang dan manusia serta senjata dan narkoba", ungkap Pangdam mengakhiri penjelasanya

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menyampaikan," TNI dan Polri punya  tekad maksimal dalam melaksanakan pengamanan dan menjaga kondusifitas wilayah".

"Terutama dalam menghadapi gangguan, kita harus mengedepankan upaya proaktif preventif dengan mengedepankan 3 Pilar Kamtibmas, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lurah atau Kepala Desa", pungkas Kapolda Jabar. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).