-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa Gelombang II Hari Ini Di Tutup

60menit.com
Kamis, 14 Februari 2019




BANDUNG, 60MENIT.COM - Kamis (14/02/2019) Penutupan pendididkan dan latihan dasar ke Militeran Resimen Mahasiswa Jawa Barat Gelombang II tahun anggaran 2018/2019 yang diikuti 250 orang peserta.

Pada upacara tersebut yang bertindak selaku Inspektur Upacara ialah Kesbangpol yang dilaksanakan di Bataran Sungai Citarum Sektor 6 Oxbow Baleendah Kabupaten Bandung.

Gubernur Jabar H. M Ridwan Kamil  pada sambutannya yang dibacakan oleh Irup mengatakan, " Sebagai penerus perjuangan bangsa, yaitu keinginan untuk mewujudkan Bangsa dan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, peran utama siswa termasuk komponen Mahawarman dalam rangka mendampingi masyarakat untuk menyelami kehidupan ini makin terasa urgen".

Untuk menghadapi kekuasaan global itu, lanjut Irup, mau tidak mau dan menjadi keharusan bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas diri sehingga dapat terus eksis dan mampu bersaing dalam persaingan global".

Sementara dilokasi yang sama, Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi menjelaskan," Dari awalnya mereka sudah diseleksi secara kesehatan maupun back ground nya dari sekian Mahasiswa yang menginginkan menjadi Menwa".

"Kemudian dari sekitar 600 yang terpilih, saat ini 250 orang sementara sebelumnya pada gelombang pertama hanya 100 orang", ungkap Kolonel Indarto


Mereka terdiri dari berbagai Universitas, lanjut Danrindam, jadi tidak hanya dari Bandung saja tetapi ada juga yang dari Lampung, mereka punya kemauan yang tinggi. Maka dari kemauan tersebut, disambutlah oleh senior-seniornya ini mulai dari Danmen dan lainnya".

Selanjutnya Kolonel Indarto menambahkan, dari dedikasi mereka ini kita didik, kita masukkan, kemudian dilaksanakan pendidikan dan latihan dasar Militer.

"Pendidikan tersebut diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya secara fisik adalah pengetahuan keterampilan, terutama untuk mentalitas mereka harus mempunyai jiwa Merah Putih," jelas Danrindam.

Sementara itu, Dan sektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yudi Zanibar mengatakan bahwa Menwa adalah bagian dari Intelektual dan mereka telah menanam lebih kurang 3000 pohon yang berada di Sapan, Jelekong dan Tegal Luar".

"Inilah sebuah generasi muda yang peduli kepada lingkungan, walaupun dia nantinya akan masuk ke tempat-tempat lainnya, hal ini akan menjadi contoh yaitu contoh kebaikan dan dapat menularkan kebaikan-kebaikan di lingkungannya maupun di organisasinya, " jelas Kolonel Yudi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan baret kepada mantan siswa yang dilakukan oleh Danrindam III/Siliwangi, Danmen serta kepada perwakilan orang tua masing-masing.
(T.Pro/Pendam III/Siliwangi).