-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 22 Citarum Sisipkan Pasukannya Di Sekolah, Lakukan Sosialisasi

60menit.com
Senin, 11 Februari 2019


Tampak Dansub 14-22 (Serka Irwan) Lagi Pemaparan Sosialisasikan Program Cutarum Harum di SMA ST. ALOYSIUS (11-02-2019)

BANDUNG, 60MENIT.COM  - (11-02-2019) Makin gencarnya program citarum harum maka semangat satgaspun membara dengan tanggungjawab penuh akan suksesi program untuk mencapai Sungai Citarum harus indah dan bersih.

Semangatnya satgas siliwangi dalam pembenahan sungai dan lingkungan membutuhkan kinerja yang ekstra, untuk mengerucut pada hasil utama yaitu Selamatkan Ekosistem di air sungai ternyata pembenahan dari segala bidang yang harus ditempuh, yaitu paling utama adalah membenahi perubahan maidset pelaku hidup yang berurusan dengan kebaikan lingkungan. 

Hari ini Senin (11-02-2019) Subsektor 14-22 Citarum Harum nyosor ke SMA St. Alousius yang bertempat di Kelurahan Mengger Kecamatan Batununggal Kota Bandung untuk lakukan sosialisasi program citarum harum dengan memimpin upacara bendera, yang diikuti okeh 317 Orang. 

Tujuh masalah pokok yang selalu di sampaikan Dansektor 22 (kolonel Inf, Asep Rahman Taufik) di sela-sela Jam Komandan brifieng dengan anggotanya,  kini disampaikan pula oleh Dansubsektor 14-22 Citarum (Serka Irwan) pada pelaksanaan Upacara Bendera SMA st. Aloysius. 


"Tujuh poin tersebut adalah,  pertama Bagaimana merubah mindset atau paradigma yang selama ini cenderung di lakukan oleh warga masyarakat di sekitar bantaran sungai dengan kebiasaan membuang sampah ke sungai merupakan hal yang sangat praktis tanpa mereka sadari bahwa hal itu akan berdampak negatif bagi warga itu sendiri, maka akan timbul berbagai macam masalah besar lainnya seperti banjir, kerusakan alam khususnya biota air, kesehatan, susahnya air bersih dan masih banyak lagi masalah lainnya akan akan timbul dikemudian hari" Tutur Irwan.

"Menyikapi hal tersebut, kami satgas Citarum Harum Subsektor 14 sektor 22, segera tanggap dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Anak-anak Sekolah sebagai alternatif cegah dini dalam merubah mindset/Paradigma tersebut" jelasnya. 


Hal ini disambut baik oleh pihak sekolah sebagai bentuk pembelajaran mengenai hal kebersihan yang diwakili oleh Kepala Sekah di sela-sela testimoni antara pihak Satgas dan Perwakilan sekolah.

Sebuah pekerjaan yang luar biasa dilakuan satgas sektor 22 dalam pelaksanaan program citarum harum, sehingga pemerintah tidak salah menugaskan, karena pembenahan Sungai Citarum selalu berjalan pada waktu sebelumnya,  tapi hasilnya nihil terkesan mandul namun biaya hingga ratusan mikyar yang dikeluarkan pemerintah. 

Kini pembenahan Sungai Citarum dijalankan oleh Pasukan Siliwangi, hasilnya pun sudah tampak walaupun baru satu tahun lamanaya, dengan bukti di sebagian sungai sudah bisa dipakeai mandi dan bermain anak anak. 

Namun perjuangan belum selesai, kini satgas bergerak melakukan soasialisasi,  penanaman pohon tanaman keras, benahi bantaran sungai dengan Pembuatan Taman, pengerukan sedimentasi, pembuatan TPS3R dan penertiban Ipal Industri maupun Septick Tank Komunal yang terus di giatkan.  (Zhove)