-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dengan Hidupkan Budaya Gotong-Royong Sektor 21 Bersama Dengan Ratusan Warga Bersihkan Jalan Dan Sungai Cibaligo

60menit.com
Senin, 18 Maret 2019


Dansektor 21 (Kol. Inf. Yusep Sudrajat)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Senin (18/03/2019) Bertempat di halaman PT. Interchem Plasagro Jaya yang beralamat di jalan Cibaligo KM. 2.1 No. 65 Cimahi, ratusan warga gabungan dari beberapa RW di wilayah Cimahi Selatan dan perwakilan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Dinas Lingkungan Hidup, LSM, Ormas dan elemen-elemen masyarakat yang lain serta dari puluhan pabrik setempat, pagi ini melaksanakan gotong-royong untuk melakukan kegiatan karya bakti dengan membersihkan sampah dan pengangkatan lumpur di Jalan dan sungai Cibaligo.

Kegiatan ini di mulai pada pukul 09.00 WIB. Dimana gabungan masyarakat yang terdiri dari beberapa unsur baik pemerintah maupun swasta ini, terlebih dahulu berkumpul di halaman PT. Interchem Plasagro. Setibanya Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat, acara di mulai dengan pelaksanaan apel pagi serta pemberian arahan seputar kegiatan yang akan di laksanakan dan melakukan do'a bersama sebelum melakukan kegiatan.


Kolonel Inf Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21satgas Citarum Harum, saat memberikan penjelasan terkait dengan acara hari ini dihadapan awak media baik dari online, cetak maupun televisi mengatakan," Pagi ini Sektor 21 melaksanakan kegiatan karya bakti di Jalan dan sungai Cibaligo wilayah Subsektor Cimahi Selatan Kota Cimahi, kita bersama dengan beberapa elemen masyarakat, pelaku bisnis dan semua yang peduli terhadap lingkungan membersihkan jalan dan sungai Cibaligo ini. Dimana kita tahu, sungai Cibaligo ini sudah sangat kotor".

"Sudah lama sekali sungai ini tidak di perhatikan, sedimentasi nya juga sangat hitam dan itu semua bekas-bekas pembuangan limbah pabrik. Kini kita memakai semua pihak untuk segera bersama sama berbuat, dan dimulai dari Kota Cimahi ini. Karena saya lihat Kota Cimahi ini kota kecil, sehingga menurut saya kota ini bisa menjadi kota percontohan dalam program Citarum Harum", ujar Kolonel Yusep

Kota ini, lanjut Dansektor, sungai nya hanya ada beberapa saja dan masyarakat nya juga masih peduli, wellcome serta mau berbenah dan berbuat untuk lingkungan. Ini kita manfaatkan dan kita dorong terus, dimana kita tahu saat ini kekuatan Satgas khususnya sektor 21 itu sangat kecil. Sehingga tidak bisa semua dikerjakan oleh TNI, kerja sama dari semua pihak akan sangat membantu tercapainya sasaran-sasaran yang dituju dan hal ini sesuai dengan tujuan perpres No.15 Tahun 2018 tentang pengembalian ekosistem di DAS Citarum dengan  cara gotong-royong".

Mudah-mudahan, tambah Dansektor, di mulai dari Kota Cimahi ini, Daerah - Daerah lain akan mengikuti. Kami juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang hari ini sudah berkontribusi dalam kegiatan ini, khususnya para pelaku usaha yang telah membantu jalannya kegiatan ini. Pabrik-pabrik ini selain mengirimkan karyawanya juga membantu dari segi logistis, dengan memberikan aqua, snack dan nasi bungkus dan itu kita gabung-gabung. Ternyata dengan gotong-royong semua terasa ringan, apalagi seperti kita tahu gotong-royong merupakan budaya kita sejak dulu". Pungkas Kolonel Inf Yusep Sudrajat. 

Rika Martiana
Sementara itu di lokasi yang sama, Rika Martiana selaku Lurah Cibereum menjelaskan," Dengan adanya kegiatan ini sangat baik sekali, dimana ini juga merupakan program pemerintah saat ini. Dengan adanya program ini, mudah-mudahan merupakan kontribusi dari masyarakat. Tentunya hal ini juga merupakan dukungan terhadap pemerintah, untuk memberantas sungai - sungai yang selama ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya terkait banyak nya limbah rumah tangga yang berupa sampah".

"Sehingga dengan adanya kegiatan ini, akan membawa perubahan yang lebih baik. Masyarakat khususnya RW. 30, juga sangat antusias, mereka sebenarnya banyak yang bekerja. Tapi karena ini merupakan bukti kerja sama dan sebuah kebersamaan, kami bisa bisa hadir di sini dan siap melaksanakan tugas-tugas yang sudah di arahkan Komandan sektor", ungkap Rika

"Sebetulnya kami sudah bersinergi dengan para ketua RW agar setiap 1 bulan sekali, mereka melaksanakan kerja bakti. Bukan hanya di sungai - sungai besar saja, tapi di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing contohnya membersihkan got atau selokan-selokan air". Tambah Rika Martiana


Hal serupa dikatakan Zen Zen selaku manager teknik PT. Leuwitex yang di dampingi Pendi staff personalia. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Satgas dan semua yang telah hadir, khususnya Dansektor 21 yang telah mengadakan kegiatan karya bakti ini.

"Sepengetahuan kami, dalam 2 Minggu ini kita sudah melakukan kegiatan karya bakti seperti di jalan industri dan hari ini di jalan dan sungai Cibaligo. Tentunya kami selaku pelaku industri yang bekerja sama dengan seluruh elemen baik dari pemerintah ataupun swasta serta pihak-pihak terkait lainnya, sangat menyambut baik seperti halnya Satgas yang telah mengilhami kerja bakti tersebut", jelas Zen Zen

Contohnya barusan kita lihat bersama, lanjut Zen Zen, begitu Satgas mulai melakukan kegiatan, semua gotong-royong. Sehingga hanya dalam waktu 3 jam, pekerjaan selesai dan hasilnya sungai dan jalan sudah bersih".

"Saya berharap hal ini tentunya lebih ditingkatkan lagi, sehingga ada mutualisme antara warga dan Pabrik-pabrik itu sendiri serta elemen-elemen yang lain. Sekali lagi kami ucapkan berterima kasih kepada Dansektor 21, yang terus menerus memberikan pembinaan kepada kami selama ini. Sehingga dengan arahan yang di berikan beliau, baku mutu dapat dicapai dan dengan masyarakat juga menjadi akur", terang Zen Zen

"Kami akan terus dukung kegiatan ini, karena ini merupakan sebuah pembelajaran. Secara otomatis ini juga sebuah training karena tidak harus dari internal perusahaan, dari external perusahaan juga itu hal sangat baik dan mudah-mudahan dapat ditularkan ke karyawan yang lain". pungkas Zen Zen mengakhiri penjelasanya (T.PRO)