-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Disbubpar Kota Bandung, Apresiasi Masyarakat Dalam Pengembangan Seni Budaya Sunda

60menit.com
Minggu, 25 Agustus 2019

60Menit.com - Kadis Budpar Kita Bandung (Dewi Kaniasari, S.Sos., MA.) pada giat Gelar Budaya Sunda oleh Dimensi Grup, MIM, Sabtu (24/08/2019)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Gelar budaya pasanggiri jaipong, karinding, Bambu gila (ulin awi), debus, karinding buhun khas Jawa Barat  kolaborasi dengan kesenian modern dalam rangka Hari Ulang Tahun media DIMENSI group yang ke 5 tahun bertempat di gedung Hypermart Metro Mall Bandung, 24/8-2019.

Dalam gelar budaya tersebut ditampilkan berbagai tampilan kesenian dari mulai tari jaipong khas kesenian Sunda  disusul dengan penampilan kesenian kesenian lainnya termasuk kesenian sunda buhun yang ada di Jawa Barat keberadaannya kurang diketahui masyarakat banyak bahwa di Kota Bandung masih ada pelestari seni tersebut.

Pada kesempatan itu, panitya pelaksana Zhovena, ST., menyambut kehadiran Kepala Disbudpar Kota Bandung (Dewi Kaniasari, S.Sos., M.A.), dan memparkan acara pergelaran seni budaya dari Bandung Jawa Barat berkolaborasi dengan kesenian kesenian modern.

60Menit.com - Dewi Kaniasari Bersama awak media Dimensi Grup. 
Acara gelar seni budaya, dengan partisipasi dukungan insan jurnalis dari berbagai media, baik cetak maupun online terhimpun pula di jurnalis peduli citarum harum yang selama ini di jalani prajurit TNI Kodam III Siliwangi sebagai eksekutor dari Sektor 1(satu) hingga Sektor 22 Citarum Harum.

Menurut Zhovena, ST. mengatakan, bahwa dengan digelarnya Budaya tersebut  adalah bertujuan ntuk melestarikan budaya tempo dulu Seperti tari Jaipong dan atraksi debus serta bambu gila (Ulin Awi)  yang digotong, awalnya ringan lalu menjadi berat bahkan dirasakan oleh para pemegang bambu menjadi terombang ambing, disusul dengan pentas musik karinding bertajug dengan karinding buhun yang sudah diselaraskan menjadi music sederhana namun bermakna tinggi yang dimainkan oleh  group Kolong Langit.

60Menit.com - Karinding Buhun

Berkaitan dengan itu, dalam pergerakan pasukan Siliwangi yang membenahi tiap sungai dari anak cucu dan cicit sungai, dibersihkan dari sampah dan limbah industri hingga kotoran tinja supaya ekosistem dan biota air bisa hidup kembali di sungai, murapakan aksi positif pendukungan pariwisata Kota Bandung dan menumbuh kembangkan budaya sunda yang asli dalam pola hidup bersih. 

60Menit.com - Dewi Kaniasari

Kepala Disbudpar Kota Bandung (Dewi Kaniasari, S.Sos., M.A.) menanggapi acara gelar budaya dalam sambutannya mengatakan, Kemajuan Pariwisata Kota Bandung tidak bisa bergerak sendiri jadi kita melakukan kolaborasi dengan tempat hidupnya salah satunya ini adalah media, yang merupakan tugas atau PR dari Disbudpar.

Kita menangani tiga sektor yang berhubungan dengan pembangunan di Kota Bandung, yaitu pariwisata kemudian kebudayaan dan ekonomi kreatif secara koordinasi vertikal kita sudah melakukannya dengan tiga lembaga yaitu kementerian pariwisata, kementerian kebudayaan dan pendidikan.

60Menit.com - Seni Debus

Suksesi itu semua akan tercapai dengan dukungan para pihak, antara pemerintah kota, peran awak media, masyarakat dan stakehokder. 

Pemerintah akan selalu mendukung peran masyarakat yang berinisiatif mengembangkan seni ataupun budaya Kota Bandung, karena hal ini dituangkan dalam Undang-undang No. 5 Th. 2017 tentang pemajuan budaya, bahwa pelestatian budaya merupakan menjaga Ketahanan Bangsa. 

(*)