HIKMAT UPACARA ZIARAH/TABUR BUNGA DI LAUT ARU DI ATAS KRI TELUK LADA 521

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

Advertisement


HIKMAT UPACARA ZIARAH/TABUR BUNGA DI LAUT ARU DI ATAS KRI TELUK LADA 521

Jumat, 16 Agustus 2019
Loading...

60Menit.com - Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr., Hanla, Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Kab. Kep. Aru. Dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesi ke - 74,

KEP ARU, 60MENIT.COM - Pangkalan TNI AL Aru yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr., Hanla sebagai Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Kab. Kep. Aru. Dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesi ke - 74, tanggal 17 Agustustus 2019, dilaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di laut. Baru pertama kalinya kegiatan tersebut dilaksanakan di atas Geladak Helly KRI Teluk Lada - 521 yang bersandar di pelabuhan Yos Sudarso Dobo, KRI Teluk Lada - 521 masuk dalam jajaran Satuan Kapal Amfibi, sengaja didatangkan dari Koarmada III/Sorong. 

Bupati Kabupaten Kepulaan Aru, dr. Johan Gonga bertindak selaku Inspektur Upacara. Adapun upacara ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran, khususnya yang gugur di laut.

Tepat pukul 08.15 WIT dilaksanakan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan yang dipimpin oleh Lettu Laut (P) Gunawan, yang sehari-hari menjabat sebagai Danunit Intel Lanak Aru. Rangkaian acara diikuti dengan mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga oleh inspektur upacara dan tabur bunga oleh para tamu undangan, diakhiri penghormatan kepada arwah para Pahlawan.

60Menit.com.                                              

Komandan Lanal Aru mengatakan, Upacara Ziarah/Tabur Bunga ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. "Namun yang baru adalah Lanal Aru menghadirkan KRI Teluk Lada-521 sebagai tempat pelaksanaan Ziarah/Tabur Bunga di Laut agar suasananya lebih terasa dan hikmat untuk mengenang, menghormati jasa para Pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raganya demi bangsa dan negara. Seperti kita ketahui Laut Aru merupakan tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang kita kenal dengan Pertempuran Laut Aru dengan gugurnya pahlawan Yos Sudarso," Ungkapnya, sesaat usai upacara.

Turut hadir sebagai undangan Wakil Bupati Kab. Kep. Aru, Forkopimda, Ibu-ibu Jalasenastri, Dharma Wanita, PKK, Persit Koramil, Bhayangkari Polres Aru dan tokoh Agama (Toga). Adapun peserta upacara terdiri dari pasukan Koramil, Kompi, Lanal Aru, Polres Aru, Unsur-unsur Maritim, Pramuka dan anak sekolah. Upacara berjalan tertib dan khidmat.

(Red Stef)