-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Karinding Buhun, Seni Yang Isyaratkan Budaya Sunda Buhun

60menit.com
Sabtu, 24 Agustus 2019

60Menit.com - Tari Pare, tutupi tampilan Karinding Buhun, diacara Gelar Budaya pada peringatan Milad Media Dimensi Grup, Bandung, Sabtu (24/08/2019)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Sabtu (24-08-2019) Karinding Buhun hadir disela-sela kegiatan gelar budaya yang disajikan oleh media Dimensi Grup, sebagai peringatan miladnya yang ke-5 Tahun, di Mentro Indah Mall Bandung. 

Gelar seni budaya adalah digelar oleh sekumpulan media yang terhimpun / bergabung di SKU Dimensi Nusantara, yang hari ini genap menginjak usianya ke 5 Tahun

Menurut Zhovena (Pemimpin Dimensi Grup) menyampaikan, "Dalam peringatan miladnya Dimensi Grup, kami ingin mengeratkan silaturahmi sesama media, bahwa awak media mengemban amanat pembangunan bagi daerahnya disamping sebagai sosial kontrol, sebagai pendukungan pada pemerintah," jelasnya.

Dalam gelar budaya sebagai isian peringatan miladnya, sebuah kegiatan yang sangat penting, karena menerapkan budaya asli Daerah Sunda, yang kini semakin hilang tergerus perkembangan jaman semakin midern sehingga mudah mencintai seni dan budaya luar negri yang dikonsumsi lewat dunia elektronik baik internet ataupun tontonan langsung. 

60Menit.com

"Karinding buhun merupakan salahsatu seni yang membudayakan tarekat diri supaya kita (urang sunda) tidak lupa pada cikal bakal kejadiannya, maka salahsatu seni yang mengangkat budaya asli sunda ini, bisa mengingatkan kita asal muasal adanya kita, utamanya jangan sampai melupakan keluarga yang telah meninggal (nenek moyang)," kata Mang Apca (pelaku seni karinding buhun), disela kegiatan gelar budaya tersebut. 

Seni tari yang ditampilkan oleh karinding buhun mengisyaratkan jatidiri dari budaya sunda, terkesan tampilan tarian isian magic dengan gaya gerak ritual diiringi musik karinding dan suling sehingga menambah angker bagi salahsatu penonton. 

Mang Apca menambahkan ulasannya, "Di tarian kedua adalah Tarian Pare (Padi) menandakan kita sebagai urang sunda, harus memiliki Ilmu Padi, yaitu sebuah ilmu semakin banyak ilmu semakin tudak sombong," pungkasnya. 

(*)