PWI Lamtim Desak Bupati "Copot Kepala BPKAD" Dari Jabatannya

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

Advertisement


PWI Lamtim Desak Bupati "Copot Kepala BPKAD" Dari Jabatannya

Selasa, 10 September 2019
Loading...

60Menit.com - PWI Lampung Timur, Ketika mencairkan haknya terkait dana publikasi adveritorial di bagian humas pemda lamtim untuk tahun anggaran 2019,

60MENIT.COM, Sukadana - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan mengusulkan mengenolkan anggaran APBD tahun 2019 dengan alasan akan di cairkan berbarengan APBD Perubahan tahun 2019 di bulan oktober, senin (09/09/2019).

Kejadian itu berawal ketika para wartawan akan mencairkan haknya terkait dana publikasi adveritorial di bagian humas pemda Lampung Timur (lamtim) untuk tahun anggaran 2019.

Terhitung sejak bulan mei sampai saat ini di awal september 2019 sudah 4 bulan belum juga kunjung cair.

Mengenai hal ini PWI lamtim mendesak Bupati Lamtim mencopot kepala keuangan Indra Duki yang di anggap tidak cakap menangani keuangan pemerinrah daerah lampung timur.

Teman-teman wartawan sudah tandatangan BKP dan sudah memberikan bukti fisik untuk pencairan dana adveritorial.

Seharusnya sudah masuk ke rekening masing-masing wartawan di awal september ini karena dia berupa LS, namun pihak keuangan menggagalkan pencairan tersebut, pihak keuangan terkesan menahan anggaran ini cair. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan kemana larinya uang APBD 2019 ini, jangan sampai mencari keuntungan seperti di depositokan atau menyalahgunakan dana APBD tahun 2019 milik pemerintah daerah kabupaten lamtim.

"Rencana besok saya akan ke BANK Lampung ini uang rakyat dan rakyat harus tau kemana keluar dan masuknya uang negara ini," papar Fendi.

Selain itu, sebelumnya pihak rekanan juga menjerit akibat BPKAD lamtim tidak mencairkan dana retensi proyek yang telah dikerjakan oleh rekanan, ditambah lagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak bisa mencairkan keuangan mereka.

 Oleh karena itu diharapkan Bupati Lampung timur Zaiful Bokhari mengevaluasi Indra Duki selaku kepala BPKAD lampung timur.

Kepala bagian humas pemda lamtim Mujianto diwakili oleh Robin menerangkan, bagian humas pemda lamtim sudah memberikan berkas pencairan yang telah ditandamgani oleh para wartawan ke pihak keuangan pemda lamtim,

Namun pihak keuangan menyatakan bahwa kembali menunda pencairan dengan alasan akan di nolkan lalu dicairkan berbarengan APBD perubahan 2019 pada bulan oktober mendatang.

"Mohon maaf sebelumnya kami haturkan kepada teman-teman wartawan yang telah menandatangani BKP dan Bukti fisik yang akan di cairkan di awal bulan september ini, untuk berkas pencairannya telah di serahkan oleh humas ke keuangan lamtim. Akan tetapi hal itu gagal di cairkan karena sampai saat ini kami dari bagian humas sudah mempertanyakan ke bagian keuangan, namun jawaban pihak keuangan akan mengenolkan anggaran dan akan dicairkan berbarengan di bulan oktober 2019 bulan depan," urai Robin ASN di bagian humas Pemda Lamtim.

Indra Duki selaku kepala BPKAD tidak bisa dimintai konfirmasi nomor handphone dan Whatsapp miliknya tidak membalas serta dalam kondisi tidak aktif, selain itu Indra duki ini juga tidak pernah ngantor di BPKAD. 

(Tarmizi)