-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sigit Iskandar, Kota Bandung Jadi Role Model Pamajuan Seni Budaya Nasional

60menit.com
Rabu, 16 Oktober 2019

60Menit.com - *Dua dari kiri : H. Sigit Iskandar, S.Ip., M.M. (Kabid Produk Seni Budaya Disbudpar Kota Bandung) Jadi Pemateri di Lokakarya Nasional di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (14/10/2019)

60MENIT.COM ☐ Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Kebudayaan Kemenko PMK (I Nyoman Shuida) membuka Lokakarya Peningkatan Peran Pelaku Seni dalam Pemajuan Kebudayaan di Jakarta, Senin (14/10/2019)

Hadir dalam lokarya tersebut antara lain Kementerian/Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, Komunitas Pelaku Seni, dan Pemerintah Daerah, Pemkot Bandung diwakili oleh Kabid Produk Seni dan Budaya (H. Sigit Iskandar, S.Ip., M.M.).

Nyoman Shuida dalam pembukaan menyampaikan Penyebaran arus globalisasi menjadi suatu hal yang tak terelakkan dewasa ini. Perkembangan globalisasi memiliki dampak positif dan juga negatif. "Arus budaya asing yang masuk dan menyebar, turut mengikis nasionalisme terhadap budaya sendiri," kata Shuida.

Terkait dengan hal tersebut, Kebudayaan harus menjadi pondasi dari setiap kebijakan pembangunan yang dilakukan di Inonesia. Kebudayaan memiliki peran strategis bagi sebuah bangsa, berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan untuk mempertahankan budaya nasional sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

Unsur kebudayaan yang menjadi sasaran utama pemajuan kebudayaan disebut sebagai objek pemajuan kebudayaan. Undang-Undang No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Pasal 5 menyebutkan 10 Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK), dimana salah satunya adalah Seni.

60Menit.com - Sigit Iskandar *Satu dari Kiri (Beriket)
Sementara itu Kabid Produk Seni dan Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kota Bandung, (H. Sigit Iskandar, S.Ip., M.M.) memaparkan mengenai Kebijakan Pemkot Bandung dalam Meningkatkan Kapasitas dan Peran Pelaku Seni.

"Sebagai Kota di Indonesia yang memiliki berbagai kebijakan serta program untuk memaksimalkan berkembangnya seni, Dalam hal mendukung pelaku seni, Pemkot Bandung banyak melakukan promosi-promosi salah satunya BARATA (Bandung Terasa Nyata)" ujar Sigit.

Mantan ketua KNPI Kota Bandung ini,  jadi pemateri dilokakarya tersebut, lebih mengupayakan pembangunan pemajuan seni dan budaya Kota Bandung, hingga bisa mengangkat kemajuan pariwisata yang sudah ada.

"BARATA memberikan panggung yang luas untuk seniman sebagai bentuk pelestarian dan peningkatan kunjungan wisatawan sehingga Barata harus diimplementasikan dalam kegiatan yang terstruktur, konsisten dan masif, tidak harus besar, tapi terasa," tegas Sigit.

"Tujuan program barata ini merupakan branding Kota Bandung, Pemberdayaan, dan Pelestarian Senibudaya" tutup Sigit

Lokakarya yang berlangsung selama sehari tersebut diisi dengan narasumber antara lain Koalisi Seni Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kota Bandung, (H. Sigit Iskandar, S.Ip., M.M.), Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Bekraf, dan Direktur Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Koalisi Seni Indonesia yang diwakili oleh Yustina Heni mengangkat tema Peran Pelaku Seni terhadap Pemajuan Kebudayaan. Dalam paparannya, Yustina mengatakan Koalisi Seni Indonesia hadir untuk terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat di Indonesia melalui kebijakan publik yang mendukung. Ia berharap terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat di Indonesia melalui kebijakan publik yang mengoptimalisasi edukasi para pemangku kepentingan terhadap peran pelaku seni dan ekosistem kebudayaan untuk meningkatkan peran pelaku seni dan pemangku kepentingan dalam pemajuan kebudayaan. 

60Menit.com
Kasubbid Ekonomi Kreatif, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Muhammad Amin dalam paparannya mengangkat mengenai Peningkatan Kapasitas Pelaku Seni dalam Ekosistem Ekonomi Kreatif. Amin mengatakan sebagian besar sub sektor ekonomi kreatif pada dasarnya masuk dalam kategori Seni. Untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif, Bekraf telah memberikan wadah bagi pelaku seni salah satu adalah IKKON (Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara).

Terakhir, Kemendikbud melalui Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan, Restu Gunawan memaparkan mengenai Hasil Pelaksanaan Kebijakan Pemanfaatan OPK Seni untuk Meningkatkan Kesejahteran Para Pelaku Seni dan Sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan peran pelaku seni dalam Pemajuan Kebudayaan.

(Zho)

Koreksi:
1. Mantan ketua knpi kota bandung
2. Tujuan program barata: branding kota bandung, pemberdayaan, dan pelestarian senibudaya