-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kota Bandung Masuk Nomine Peraihan IndoHCF Innovation Award III-2019

60menit.com
Senin, 21 Oktober 2019

60Menit.com - Walikota Bandung (Oded M. Danial)  pada pengumuman Nomine Peraihan IndoHCF Innovation Award III-2019, Senin (21/10/2019)

60MENIT.COM ☐ KOTA Bandung masuk nomine untuk meraih Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovation Award III-2019. Penghargaan di tingkat nasional ini mengapresiasi program dan inovasi di bidang kesehatan, Senin (21/10/2019)

Dari empat kategori penghargaan yang ditetapkan oleh IndoHCF, Kota Bandung masuk dalam kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung memunculkan karyanya Bandung Emergency Service Quality Innovation (Besquit).

“Inovation award ini merupakan ajang penghargaan inovator di bidang kesehatan yang diikuti oleh seluruh wilayah di Indonesia dengan berbagai katagori ada gawat darurat, alat kesehatan, germas, IT dan lainnya. Kota Bandung salah satunya di bidang gawat darurat dari beberapa kota yang dinilai,” ucap Supriyantoro, Ketua IndoHCF di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (21/10/2019).

Supriyantoro menuturkan, kedatangannya ke Kota Bandung ini untu mengamati langsung peran Pemkot Bandung dalam bidang kesehatan. Bukan hanya keberpihakan kebijakan namun juga implementasi programnya di lapangan. 

“Salah satunya yang kita nilai komitmen dari wali kota dalam kepemimpinan daerah. Sebagus apa pun program itu tanpa dukungan pimpinan daerah tidak akan 'sustainable'. Kami apresiasi pak wali termasuk anggarannya sangat bermakna di banding daerah lain. Mungkin Bandung bisa jadi percontohan khususnya dalam sistem pengembangan,” bebernya.

Salah seorang juri IndoHCF Innovation Award III-2019, Tri Wahyu Murni Sulisetyowati mengakui, Pemkot Bandung memiliki kebijakan anggaran yang cukup baik. 

“Kita bicara sistem penanggulangan gawat darurat, itu kan sistem harus ada pengorganisasiannya, harus ada transportasi, komunikasi, dan pelayanannya. Kalau bicara tentang pengorganisasian kita lihat dari dukungan pemerintah daerah apakah ada regulasi yang akan mendukung kelancaran dari program, termasuk anggaran,” ujar Tri.

Tri mengaku, terkesan dengan konsistensi Kota Bandung dalam bidang kesehatan ini yang membangun kolaborasibersama sejumlah stakeholder. Sehingga, tahun ini kembali masuk dalam jajaran nominasi dalam kategori SPGDT bersama Kota Cirebon, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bantul.

“Kota Bandung itu membuat satu inovasi dalam kordinasi kolaborasi lintas sektor. Tentu saja kalau yang baik akan kita ambil, akan dijadikan sebagai percontohan sehingga kota lain bisa mengikuti. Karena masuk lagi ke dalam nominasi, apa inovasi tambahan Kota Bandung? Mungkin di sini kalau turisme menjadi suatu hal yang diperhatikan oleh Kota Bandung, bagaimana turisme mendapat pelayanan tentang masalah,” bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, anggaran untuk kesehatan ini menjadi salah satu prioritas utamanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemkot Bandung menerjemahkan visi Bandung Unggul dalam menjaga kualitas kesehatan masyarakat.

“Kalau dari kami, yang penting political will. Saya dengan penganggaran bidang kesehatan 10 persen. Bahkan kami mencapai 25,75 persen. Kenapa ini saya lakukan? Karena memang kami harus lebih fokus,” kata Oded.

Oded menegaskan, konsep yang inovatif dalam memberikan pelayanan harus diiringi kolaborasi kuat agar hasilnya optimal. Kemudiaan dilaksanakan secara terdesentralisasi sehingga pelayanannya lebih merata.

“Kalau tanpa inovasi, sebuah kota pasti akan ketinggalan. Inovasi bagus tapi kalau berjalan sendiri tanpa kolaborasi tidak akan terlaksana. Desentralisasi ini kita ingin memberikan pelayanan ke publik sesederhana dan secepat mungkin, jangan terlalu birokratif pelayanannya," katanya.

(Eka)