-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Disnaker Berupaya Turunkan Angka Pengangguran di Kota Bandung

60menit.com
Kamis, 07 November 2019

60Menit.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung (Disnaker), Arief Syaifudin pada Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).
60MENIT.COM ☐ Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung akan terus membantu warga Kota Bandung untuk bisa bersaing memperoleh pekerjaan. Terlebih, warga Kota Bandung harus bersaing dengan tenaga kerja asing di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), AFTA (Asian Free Trade Area), CAFTA (China-ASEAN Free Trade Area) dan APEC (Asia- Pacific Economic Cooperation).

Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah di luar negeri. Tujuannya, agar tenaga kerja Kota Bandung bisa memiliki kompetensi.

“Pemkot Bandung juga sudah berkerja sama dengan Pemerintah Kota Toyota Jepang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung (Disnaker), Arief Syaifudin pada Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).

Dari kerja sama tersebut, Kota Bandung memperoleh peluang untuk mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang. 

"Ini merupakan peluang bagi kita. Kemarin sudah ada pertemuan dengan SMK dan perguruan tinggi, untuk menyiapkan tenaga kerja ke Jepang. Skill tidak masalah, yang penting bisa berbahasa jepang karena mereka akan mendapat pelatihan di sana," katanya.

Selain Kota Toyota, kata Arief, Kota Yokohama juga membutuhkan 8.000 tenaga kerja dalam bidang industri dan otomotif. Ini merupakan peluang bagi SMK untuk mendapatkan pekerjaan di sana.

Arief mengatakan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Disnaker Provinsi Jawa Barat, dan mendapatkan informasi bahwa Negara Palau juga membutuhkan tenaga kerja dalam bidang pariwisata dan konstruksi.

"Disnaker akan berupaya seoptimal mungkin dalam menurunkan angka pengangguran,” tuturnya.

(Eka)