Sektor 21 Hadiri Pembukaan KKN Tematik Citarum Harum Mahasiswa UNISBA Di Kota Cimahi

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

Advertisement


Sektor 21 Hadiri Pembukaan KKN Tematik Citarum Harum Mahasiswa UNISBA Di Kota Cimahi

Sabtu, 09 November 2019
Loading...


60menit.com - Satgas sektor 21 Sub 13 bersama para Dosen Pembimbing dan Mahasiswa peserta KKN Tematik Unisba 
60MENIT.COM, Kota Cimahi - Sabtu (09/11/2019) Bertempat di Kantor RW. 31 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Satgas Citarum harum sektor 21 Subsektor 13 menghadiri acara Pembukaan KKN Tematik Citarum Harum 2019, yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Islam Bandung (UNISBA).

60menit.com - Anggota Satgas Sektor 21 Subsektor 13 saat hadiri pembukaan KKN Tematik Unisba
Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini dilaksanakan 4 x pertemuan dalam 2 Minggu. Mahasiswa juga lebih dihadapkan pada masalah penanganan sampah yang berada dilingkungan masyarakat, hal ini seperti yang dikatakan Prof. Dr. Dini Dewi Heniarti,SH.,MH., selaku Dosen pembimbing dan sekaligus Presiden Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (APDHI)

"Saat ini kita sedang melaksanakan pembukaan KKN Tematik Citarum harum di wilayah Kota Cimahi. Wilayah ini juga berada di daerah tugas atau pengawasan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 yang berada dibawah komando Kolonel Inf Yusep Sudrajat. Para Mahasiswa ini tergabung dalam program Clean and Green, berasal dari lintas fakultas dan ada sekitar 30 mahasiswa peserta KKN yang mengikutinya", terang Dini


60menit.com - Prof. DR. Dini Dewi Heniarti (Kanan) Pada acara pembukaan KKN Tematik Citarum di Sektor 21 
Ini bukan yang pertama kali, lanjut Dini, sebelumnya kami juga pernah mengadakan di Situ Cisanti, karena memang kegiatan ini rencanannya dilaksanakan selama 7 Tahun dan saat ini Tahun ke 2. Pada kegiatan ini, mahasiswa juga dituntut untuk lebih fokus dalam penanganan sampah dilingkungan masyarakat, dan hal itu melalui program TPS 3 R, Bank Sampah dan Takakura.

"Semoga apa yang nantinya dilakukan para mahasiswa ini, nantinyaa dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Jawa Barat. Semoga dengan kegiatan ini juga, akan menghasilkan solusi dalam penanganan masalah sampah yang memang saat ini masih perlu penanganan yang serius dan menjadi salah satu penyebab tercemarnya lingkungan", ujar Dini

60menit.com - Serka Lilik saat berikan sambutan 
Sedangkan Serka Lilik P. W, salah satu anggota satgas Citarum harum sektor 21 Subsektor 13 pada sambutanya menjelaskan bahwa, mahasiswa peserta KKN Tematik Citarum dalam melaksanakan tugasnya nanti, diharapkan selalu berkoordinasi dengan satgas.

"Adik - adik mahasiswa, kalau nanti ada yang mau melaksanakan kegiatan supaya dapat bersinergi dengan kami, jadi kami juga bisa membantu apabila adik-adik mau menuju ke suatu lokasi dan melaksanakan kegitan di wilayah tersebut. Semoga saja kegiatan apapun yang nantinya dilakukan, dan berkaitan dengan program Citarum harum, demi mengembalikan ekosistem di DAS Citarum dapat berjalan dengan baik lancar dan aman", ujar Serka Lilik

60menit.com - DR. Satori (Dosen Pembimbing Unisba)
Sementara itu pada paparannya, DR. Ir. Satori MT. IPU, salah satu Dosen Pembimbing di Universitas Islam Bandung menyampaikan perihal tentang penanganan sampah yang selama ini sedang di upayakan kepada seluruh tamu undangan. Selain itu, dirinya juga mengenalkan program program yang nantinya dapat menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut, sebagai contoh pengelolaan sampah berbasis masyarakat  dengan pola 3R (T.Pro)