-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dishut Jabar Terus Besut Penghijauan di KBU

60menit.com
Sabtu, 18 Januari 2020

60Menit.com - Penyuluh Keutanan Dishut Jabar (Ir. Edi Kusnadi Saputra) melakukan Penanaman Pohon di KBU Cilengkrang, Sabtu (18/01/2020)
60MENIT.COM, KBU Cilengkrang ☐ Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat terus berupaya keras untuk mewujudkan Kawasan Bandung Utara (KBU) menjadi kawasan Agrowisata Juara. Pagi ini melakukan menanam tanaman keras di wilayah KBU Cilengkrang sebagai gagasan dari Penyuluh Kehutanan dari Dishut Jabar, Ir. Edi Kusnadi Saputra. Sabtu (18/01/2020)

Edi, yang sering disapa Gyver panggilan akrab penyuluh kehutanan Dishut Jabar, mengajak tokoh petani setempat (Badega Konservasi dan PKSM) bersama Karang Taruna Cilengkrang, dengan membawa puluhan Siswa/i SMK Negri Cilengkrang, sebagai motifasi penerapan edukasi generasi pemuda/i pada cinta lingkungan dan hutan di Jawa barat.

Upaya ini dilakukan Edi Gyver, sebagai jawaban dari viralnya KBU sebagai lahan kritis penyebab bencana terdampak di Bandung Raya, yang sebenarnya pihaknya sudah berusaha keras dalam melakukan konservasi hutan.

"ini merupakan nuansa baru dari kaum milineal uatamanya para pelajar, agar mereka mau memulai mencintai terhadap tanaman dan lingkungan, hal ini dibuktikan dengan beberapa upaya penyuluhan kepada beberapa kelompok tani dan pemuda secara persuasif dor to dor perorangan maupun kelembagaan" jelas Edi Giver, ketika ditemui dilokasi tanam oleh 60Menit.com.

60Menit.com
Edi Giver pun tidak berhenti disitu, ia masif melakukan penyuluhan pada setiap generasi dan kelompok lainnya, dengan tujuan menumbuh kembangkan Pencintaan Lingkungan yang sebenarnya untuk melestsrikan hutan sebagai kebutuhan kehidupan yang berkepanjangan.

"Bukti dari beranjaknya itikad mencintai hutan dan lingkungan bahwa saat ini kita melukan penanaman pohon, bersama Siswa/i SMKN Cilengkrang Kabupaten Bandung, Unsur kepemudaan setempat (Karang Taruna) bersama kelompok tani dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), lembaga Badega Konservasi yang selama ini peduli terhadap kegiatan konservasi di KBU" imbuh Edi Gyver. 

Mengingat kegiatan penanaman sangat berhubungan dengan cuaca, maka Edi Giver terus membesut kegiatan tanam supaya berkesinambungan dengan waktu yang tepat, "Saya tidak henti untuk mewujudkan ekspetasi yang diinginkan Bapak Kadishut Jabar, sehingga pelan namun pasti kegiatan ini menyentuh hingga tapak bawah dan himbauan saya untuk setiap kegiatan penanaman masukan ke E-TANAM Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat" Pungkas Edi Kusnadi mengakhiri nya

60Menit.com
Kegiatan ini bisa terwujud tidak lepas dari berbagai unsur, yang selama ini sangat memperhatikan adalah Kelompok Tani dan PKSM nya yang selalu berjibaku dalam pengembangan konservasi di wilayah KBU yang dikomando oleh Abah Enjang Juju Urgun, selalu menggandeng penyuluh kehutanan Dishut Jabar dalam melakukan pendekatan kepada para pihak dan masyarakat lapisan bawah sebagai penentu pelaku pencinta hutan dan lingkungan.

Kegiatan penanaman bersama siswa-siswi SMKN Cilengkrang dan beberapa komunitas setempat, berupa jenis tanaman 10 jenis bibit yang berjumlah 500 tanaman, yaitu Aghatis atau damar, Mahoni Uganda, Huni, Campoleh, Huru, Pinus, Maesopsis, Acacia Mangium, Rasamala dan Gamelina Arborea (jati putih).

(Zho)